Cegah Banjir, Pemdes Dan Masyarakat Tompasobaru Satu Lakukan Pembersihan Saluran

Minsel193 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah desa Tompasobaru Satu, Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan terus memacu program pembangunan desa melalui anggaran dana desa tahun 2023.

Berbagai program kegiatan pembangunan desa dilaksanakan oleh pemerintah desa dalam upaya meningkatkan kemajuan pembangunan yang didanai melalui anggaran dana desa.

Salah satu jenis kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Tompasobaru Satu, adalah kegiatan pembersihan saluran yang melintasi dalam desa Tompasobaru Satu.

Kegiatan pembersihan saluran tersebut yang dilaksanakan oleh masyarakat, sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Tompasobaru Satu Selfie Iroth SPd dibiayai melalui anggaran dana desa.

Dimana untuk membiayai pembersihan saluran yang berada ditepi jalan baik itu di jalan utama maupun jalan lorong, menelan anggaran dana desa sebesar Rp. 30-an juta.

Baca juga:  Korupsi Dandes, Oknum HukumTua di Minsel Dijatuhi Hukuman 4 Tahun Penjara dan Denda Rp.250 Juta

Dijelaskan oleh Penjabat HukumTua Selfie Iroth bahwa pengerjaan pembersihan saluran tersebut sangat penting dilaksanakan, oleh karena ketika musim penghujan, beberapa rumah warga sering tergenang banjir dikarenakan air yang ada disaluran meluap ke halaman rumah warga.

“Ketika musim penghujan tiba, air disaluran sering meluap ke halaman rumah warga dan membuat banjir, hal tersebut dikarenakan saluran yang ada sudah dangkal akibat tertimbun material, dan ini sangat penting diperhatikan maka dari itu kita lakukan pembersihan saluran,” kata Penjabat HukumTua Selfie Iroth.

Selain untuk melakukan pencegahan banjir, pembersihan saluran dan trotoar tersebut, dalam upaya memperindah desa, mengingat desa Tompasobaru Satu berada di jalur jalan raya trans Sulawesi yang merupakan jalan alternatif dari Manado ke Kotamobagu maupun sebaliknya.

Baca juga:  Bid Dokes Polda Sulut Sambangi Mapolsek Tompasobaru

Sehingga, memperindah desa dengan memperhatikan kebersihan adalah faktor penting juga dalam upaya kemajuan desa Tompasobaru Satu.

Dijelaskan Selfie Iroth, bahwa selain dialokasikan untuk kegiatan pengerjaan pembersihan saluran, anggaran dana desa Tompasobaru Satu juga dialokasikan untuk kegiatan lainnya seperti penyaluran BLT-DD, kegiatan ketahanan pangan desa, kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas, kegiatan pemberdayaan masyarakat serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes.
(Hengly)*