Kadis Frans Tilaar Berikan Materi dalam Pendidikan Teknis Tematik Bagi Peserta Budidaya Kedelai

by -197 views

 Amurang/transparansiindonesia.com – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan Ir Frans Tilaar hadir dan memberikan materi dalam pelatihan teknis tematik bagi non aparatur APBN-P untuk budidaya kedele tahun anggaran 2017, angkatan XXVII, yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkulu bekerja sama dengan Dinas Pertanian Minsel, dan bertempat di BPU Desa Pontak Kecamatan Ranoyapo.

Kegiatan ini dibuka pada Selasa 31/10/2017, oleh Camat Ranoyapo Joiske Wakas mengatas namakan Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, yang diikuti oleh peserta pengurus kelompok tani penerima bantuan kedele yang ada di Kecamatan Maesaan, Tompasobaru dan Ranoyapo.

 Kepala Dinas Pertanian Minsel, Ir Frans Tilaar memberikan materi tentang kebijakan peningkatan produksi kedele di Kabupaten Minahasa Selatan, Ia mengajak untuk seluruh warga Minsel Untuk ikut serta mensukseskan program Pajale yang ada didalamnya juga ada komoditi Kedele, bagaimana memanfaatkan teknologi pertanian yang ada, agar biaya tanam dan tambalan akan semakin kecil, tapi bisa hasil yang besar (banyak).

“Kita harus bersyukur, karena kabupaten Minsel boleh berbangga, jadi lewat loby-loby Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, Minsel boleh menjadi satu daerah tersendiri yang sedang melakukan pelatihan seperti ini di empat tempat yang berbeda, sementara di daerah lain, dua sampai tiga kabupaten di kumpulkan dalam satu tempat lalu ini seperti latihan ini. ” kata Tilaar

Ia pun mengharapkan kepada para peserta pelatihan untuk dapat menjadi motor dalam pelaksanaan pengembangan budidaya kedele, bahkan menjadi Motor Pemkab Minsel dalam mensukseskan setiap program Pemerintah Kabupaten Dalam bidang pertanian.

Selain Di desa Pontak Kecamatan Ranoyapo, kegiatan pelatihan teknis tematik bagi non aparatur APBN-P Tahun 2017, Angkatan XXVII untuk budidaya kedele, juga dilaksanakan di tiga tempat lainnya di Minsel, di Kecamatan Motoling, Kecamatan Amurang Barat, dan Kecamatan Tumpaan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 31 / 10-03 / 11/2017, dan nanti akan diisi oleh saham-bear materi yang sudah paham dengan pertanian, hai Kadis pertanian Minsel Frans Tilaar, Kabid Penyuluhan Verby Rumintjap, Yan Sumakul, Markus Kombong, Para Koordinator BP3K yang ada di Tiga kecamatan dan lain sebagainya. ( Hengly / TI)

Baca juga:  Iptu Jefry Mailensun Hadiri Giat Pertemuan Lintas Sektor yang Digagas Puskesmas Poopo