Altin Sualang Dilantik Sebagai Pejabat HukumTua Desa Poopo Barat

by -284 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Altin Sualang SSTP, ditugaskan sebagai pejabat HukumTua Desa Poopo Barat untuk Mengisi kekosongon jabatan HukumTua Desa Poopo Barat, Kecamatan Ranoyapo, yang dikarenakan HukumTua Sebelumnya Ridel Marentek mengajukan pengunduran diri, karena maju sebagai Bakal Calon Anggota Dewan Minsel, dan juga akan mengikuti Pergantian Antar Waktu Anggota Dekab Minsel, menggantikan salah satu Anggota Dekab Minsel, yang dalam Pilcaleg nanti Pindah Partai.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan dilakukan oleh Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd, mewakili Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, yang bertempat di Kantor Dinas PMD Minsel, pada Kamis 30 Agustus 2018, dan disaksikan oleh Kadis PMD Ever Poluakan, HukumTua sebelumnya Ridel Marentek dan perangkat Desa serta BPD Poopo Barat.

Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd, menyampaikan agar Beliau (Altin Sualang -red) dapat mengemban dan menjalankan tugasnya dengan baik. Dihubungi oleh Jurnalist transparansiindoneaia.co.id via telepon seluler, Camat Joiske Wakas, mengatakan bahwa Ditunjuknya Altin Sualang sebagai Plt HukumTua Desa Poopo Barat, yakni untuk mempersiapkan dan melaksanakan Pemilihan HukumTua, menggantikan HukumTua sebelumnya Ridel Marentek yang mengundurkan diri.

Baca juga:  Tetty Paruntu; "PAD Harus Dimaksimalkan, SKPD Harus Mampu Susun Anggaran yang Pro-Rakyat"

“Pejabat HukumTua Desa Poopo Barat, disamping menjalankan tugasnya sebagai HukumTua, juga akan mempersiapkan Pemilihan HukumTua yang baru dan Definitif, dikarenakan Masa Jabatan HukumTua sebelumnya masih tersisa 4 tahun lagi, jadi ini dinamakan Pilhut PAW, dan Pilhut di Desa Poopo Barat ini, tidak termasuk dalam Pilhut Serentak bersama 60-an desa lainnya di Minsel, jadi Pilhutnya tidak dianggarkan dalam APBD,” kata Wakas.

Ia pun menambahkan bahwa ini merupakan satu-satunya diSulawesi Utara, jadi sangat beralasan seorang Altin Sualang yang merupakan Kabid Pemdes Dinas PMD Minsel ditunjuk sebagai Plt HukumTua Desa Poopo Barat, agar supaya Ia bisa memaparkan aturan-aturan terkait Pemilihan HukumTua PAW tersebut.

Baca juga:  Gandeng Kejari dan Polres Minsel, DPMD Minsel Gelar Sosialisasi Bantuan Hukum dan Paralegal Desa

Sementara itu Altin Sualang, menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab yang diembankan kepadanya akan dijalani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dimana akan mempersiapkan dan mebentuk Panitia Pemilihan Pilhut Penggantian Antar Waktu Desa Poopo Barat, sampai terpilihnya HukumTua Definitif untuk melanjutkan masa jabatan HukumTua sebelumnya yang mengundurkan diri, yang tersisa sekitar 4 tahun lagi.

“Saya siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan, dan mohon kerja-samanya dari seluruh warga Poopo Barat dalam melanjutkam pembangunan didesa dan persiapan pemilihan HukumTua Definitif, untuk masa jabatan sekitar 4 tahun lagi,” kata Altin Sualang.

(Hengly)*