Mantan Kapolda Sumut ini, Deklarasikan Dukung Prabowo-Sandi

by -1,076 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Mantan Kapolda Sumut Irjen (purn) H. Wisjnu Amat Sastro mendeklarasikan purnawirawan Polri dukung Prabowo – Sandi.

Hal ini dikatakan Sandiaga Uno saat menghadiri pelantikan Relawan PS 19 NKRI yang dipusatkan di Kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Kamis 8 November 2018.

Dukungan dari mantan petinggi Polri ini akan semakin memperkuat dukungan pemenangan PAS.

Biografi :

lrjen. Pol. Drs. Wisjnu Amat Sastro adalah putra asli Medan. Ayahnya, Peltu Amat Sastro, merupakan Bintara yang memiliki karakter yang sangat disegani saat bertugas di Unit Vice Control SatSerse Poltabes Medan di tahun 70-an.

Sebagai putra Amat Sastro, masyarakat dan rekan sesama polisi berharap bahwa Wisjnu Amat Sastro akan mewarisi sifat-sifat ayahnya, dan juga berprestasi lebih dari itu. Kabid Humas Poldasu Kombes Pol. Hery Subiansauri, SH MH, MSi. pernah mengungkapkan bahwa sosok Pak Wisjnu memiliki gaya yang berbeda dengan Oegro, pendahulunya, dalam kepemimpinan.

Baca juga:  Dalam Debat Cawapres, Ma'ruf Amin Sebut Pengangguran Indonesia Terendah di 20 Tahun Terakhir

Hery tergolong salah satu teman dekat  Wisjnu karena sebelumnya ia juga menduduki jabatan Kabid Humas Polda Sulsel. Menurut beliau, Wisjnu adalah orang yang tegas, disiplin, bekerja dengan cepat, dan berkomitmen melayani masyarakat dengan baik. Tetapi sistem manajemen kepolisian yang diterapkan antara Wisjnu dengan Oegro banyak perbedaan, tetapi ini merupakan hal yang positif. Wisjnu Amat Sastro menjabat sebagai Waka Polda Sulsel sejak tahun 2008 sampai tahun 2010, dan kemudian menjadi Staf Ahli Kapolri untuk Bidang Manajemen.

Lulusan Akpol tahun 1978 ini satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Waka Polri Komjen Pol. Drs. Nanan Sukarna, dan Irjen. Pol. Drs. Oegroseno. Kini jejak Wisjnu mengabdi bagi negara pun diikuti oleh kedua putranya. Sebelum menjadi Kapolda Sumatera Utara, Irjen. Pol. Wisnu Amat Sastro adalah staf ahli Kapolri, yang kemudian berdasarkan STR/71/III/2011 tanggal 1 Maret 2011 ditunjuk menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen. Pol. Drs. Oegroseno, S.H. yang akan bertugas sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Mabes Polri.

Baca juga:  Dalam Tempo 3x24 Jam, Tim Resmob Polres Serang Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan

Pendidikan

  • SD St Yosef Jalan Pemuda
  • SMP Budi Murni
  • SMAN 3 Medan
  • Akademi Kepolisian (lulus tahun 1978)

Karir

  • Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (2011)
  • Staf Ahli Manajemen Mabes Polri
  • Wakapolda Sulsel.

(red)*