Wujudkan Pemilu yang Berkualitas, Bupati Tetty Paruntu Gelar Rapat Bersama Unsur Forkopimda Minsel

by -284 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Bertempat di Ruangan Rapat, Ruang Bupati Minahasa Selatan, yang terletak di Lantai II Kantor Bupati, pada Selasa, 26 Februari 2019, Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE bersama Beberapa Kepala SKPD, mengadakan rapat bersama unsur Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan.

 

Rapat tersebut, membahas isu-isu strategis dan potensi-potensi gangguan menjelang pelaksanaan agenda nasional, yakni Pemilihan Umum Serentak, yang nantinya akan digelat 17 April 2019 mendatang.

Berbagai hal dibahas dalam rapat tersebut, diantaranya penyebaran isu-isu hoax, atau kampanye hoax, ataupun Kampanye yang mengarah ke SARA, dan nantinya langkah yang akan diambil yakni dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan di sekolah-sekolah mengenai Undang-undang ITE, agar masyarakat dapat memahami, akan resiko melakukan kampanye hoax, sebab itu ada dalam undang-undang.

Baca juga:  118 Desa Di Minsel Akan Segera Gelar Pilhut Tahun Depan

 

Selain itu juga dibahas mengenai amcaman teroris yang mengancam keamanan dan kenyamanan masyarakat, dan nantinya langkah yang akan ditempuh yakni mengaktifkan Siskamling di wilayah masing-masing, dibahas juga mengenai Money Politics (politik uang), keterlambatan logistik pemilu, pencoblosan, penghitungan surat suara yang lama, hingga oemilih yang belum terdaftar, dan untuk langkag-langkahnya, akan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten.

 

Dibahas pula mengenai pengawasan kepada penyelenggara Pemilu, antara KPU dan Bawaslu, didalamnya PPS dan Panwasludes, juga akan menganalisa mengenai potensi-potensi aksi anarkis, pergerakan massa, konflik sosial, dan untuk mengantispasinya yaitu mencegah dan adanya upaya dini dalam mendeteksi segala macam gangguan dalam Pemilu Serentak nantinya.

 

Bupati Tetty Paruntu, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Minahasa Selatan, untuk ikut mensukseskan Agenda Nasional tersebut, dengan menciptakan Pemilu yang berkalitas, dan dari situ pula akan lahir Wakil Rakyat dan Pemimpin yang berkualitas, yang benar-benar mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Baca juga:  Puluhan Personil Polres Minsel Kawal Perayaan Tahun Baru Imlek 2569

 

“Saya mengajak kita semua untuk mensukseskan Agenda Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, kita ciptakan Pemilu yang berkualitas, aman, nyaman dan tertib,” ajak Bupati Tetty Paruntu.

 

Hadir dalam Rapat tersebut, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Kajari Minsel, I Wayan Eka Miartha SH.MH, Kepala PN Amurang Romel Tampubolon SH.MH, Dandim Minahasa Letkol Slamet Raharjo, Sekda Minsel Denny Kaawoan MSi, Kaban Kesbangpol Minsel Benny Lumingkewas.

 

(Hengly)*