Ratusan Warga Talaud Desak Olly Dondokambey Segera Lantik E2L-Mantap Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud

by -377 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Ratusan Warga Talaud mendesak Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, agar segera melantik Elly Egelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih periode 2019-2024 pada Jumat besok 2 Agustis 2019.

Hal tersebut disampaikan ratusan warga talaud dalam orasi mereka didepan Kantor Bupati Talaud dan Kantor DPRD Talaud, setelah sebelumnya mereka melakukan long march, menuju ke kedua tempat tersebut.

Massa tersebut datang dari berbagai desa, yang tersebar di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara dan merupakan perwakilan dari 22.656 Pemilih Pasangan E2L-Mantap, pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu, dan melakukan unjuk rasa damai didepan kantor Bupati dan Kantor DPRD Talaud pada Kamis 1 Agustus 2019.

Dalam orasi mereka di kedua tempat tersebut, massa berkali-kali menyampaikan agar Gubernur Sulawesu Utara Olly Dondokambey untuk segera melantik Bupati dan Wakil Bupati Talaud Terpilih pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu, yakni Pasangan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga (E2L-Mantap).

Salah satu orator dalam aksi damai tersebut, Renalto Tumarah mengatakan bahwa ada 22.656 orang yang dengan tegas menyatakan kalau besok hari (Jumat, 2/8) Gubernur Olly Dondokambey tak melaksanakan pelantikan, maka ratusan warga akan menduduki kantor Bupati Talaud.

Baca juga:  FER Lengser dari Ketua FRNK Deprov Sulut

“Kalau Gubernur Olly Dondokambey belum melantik pasangan E2L-Mantap pada besok hari, maka ratusan warga Talaud akan menduduki Kantor Bupati Talaud,” tegas Renalto.

Ditegaskannya pula bahwa sudah tisak ada alasan lagi bagi Gubernur Olly Dondokambey untuk tidak melakukan pelantikan terhadap E2L-Mantap sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud, karena sesuai informasi yang terpercaya, SK Pelantikan telah ada di Pemprov Sulut.

“Tak ada alasan lagi bagi pak Gubernur untuk tidak melantik Paslon E2L-Mantap sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud karena info yang ada pada kami bahwa SK pelantikan sudah ada di Pemprov Sulut,” tambahnya.

Ditambahkannya pula bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan daerah otonom, yang harus dipimpin oleh pemimpin pilihan rakyat, bukan kelas jauh yang dipimpin oleh Plh, Pjs, ataupun Plt.

Massa pun mengatakan apabila belum ada pelantikan sebagaimana tuntutan mereka sampai pada besok hari mereka akan turun dengan lebih banyak massa lagi.
Assisten II Setdakab Talaud Tonni Gagola selaku Plj Sekda Kabupaten Talaud mewakili Plh Bupati Talaud Adolf Binilang menemui warga dan menerima aspirasi yang massa sampaikan.

Baca juga:  Bertemu Tetty Paruntu, JJM; "Siap Jalankan Amanat Partai"

Ratusan massa tersebut dari depan Kantor Bupati Talaud berjala kaki menuju Kantor DPRD Talaud setelah menyampaikan aspirasi mereka di depan Kantor Bupati selanjutnya dari Kantor DPRD massa pun bergerak menuju Lapangan Sangkundiman Melonguane dimana dijadikan tempat kumpul massa.

Dalam aksi tersebut para massa membawa tiga bendera Merah Putih dan sejumlah spanduk yang bertuliskan;

“22.656 Suara Sah E2L-Mantap Mendesak Pelantikan Bupati Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga Paling Lambat 2 Agustus 2019”

“Kami NKRI Asli, Bukan Anak Tiri, Bukan Kelas Jauh, Butuh Bupatindan Wakil Bupati Definitif, Bukan Plh, Plt, Pjs. E2L-Mantap”

“Rakyat Talaud Bukan Boneka, Segera Lantik E2L-Mantap”

Aksi yang berlangsung sekitar lima jam tersebut berlangsung aman dan tertib dibawah pengawasan dan pengawalan dari Kepolisian yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Talaud.

(red/T2)*