Dua Tahun Berturut-turut Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan IPK

DKI Jakarta32 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mengukir prestasi dengan meraih penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) selama dua tahun berturut-turut, penghargaan tersebut diterima Pemprov DKI Jakarta dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang berprestasi dalam pencapaian pembangunan ketenaga-kerjaan di masing-masing daerah.

DKI Jakarta menerima penghargaan tersebut karena oleh Kementerian Ketenaga-kerjaan dinilai masih menjadi Provinsi dengan kesempatan kerja terbaik se-Indonesia, sama seperti tahun lalu DKI Jakarta mendapatkan empat penghargaan, lebih banyak dibandingkan 12 Provinsi lainnya yang masuk nominasi.

“Kita sangat bersyukur DKI Jakarta kembali meraih penghargaan IPK, dan ditahun 2019 ini adalah kali kedua kita meraihnya, dimana ditahun 2018 lalu, kita juga menjadi yang terbaik dengan meraih penghargaan tersebut, jadi kita berhasil torehkan Brace IPK,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang juga menerima langsung penghargaan tersebut.

Baca juga:  Nelayan dan Masyarakat Pesisir Harus Menanam Pohon Mangrove dan Terumbu Karang Hidup

Dari 9 Indikator IPK, Pemprov DKI bisa meraih terbaik di 4 Indikator, dimana ke-empat penghargaan menjadikan DKI Jakarta adalah Provinsi dengan;

1. Kesempatan Kerja Terbaik.
2. Jaminan Sosial Tenaga Kerja Terbaik.
3. Penduduk dan Tenaga Kerja Terbaik.
4. Intensitas dan Beban Kerja Urusan Pemerintahan Daerah Bidang Ketenaga-kerjaan (Provinsi dengan ukuran sedang) Terbaik ke-Dua.

“Kita terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di Ibukota, salah satunya lewat kartu pekerja Jakarta, dimana penerima kartu pekerja Jakarta akan memperoleh tambahan manfaat, yakni layanan naik transjakarta gratis di 13 koridor, anggota Jakgrosir, penyediaan pangan dengan harga murah, dan bantuan biaya pendidikan (KJP Plus) bagi anaknya,” tambah Anies Baswedan.

Anies pun memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Ketenagakerjaan yang telah bekerja keras membuat terobosan-terobosan sehingga mencapai semua indikator utama dalam penghargaan.

Baca juga:  DPP.MOI Siap Workshop Try Out UKW

Ia pun menyatakan rasa bangga atas kerja keras dari semua jajaran Pemprov DKI Jakarta bersama warga DKI Jakarta, dan berharap agar dengan penghargaan yang diraih tersebut, dapat terus berinovasi dan berkreasi, agar prestasi-prestasi dapat terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Ada hal yang sangat menarik dari Gubernur Anies Baswedan bersama rombongan ketika akan menerima penghargaan tersebut, yakni dari Balai Kota menuju ke tempat acara di Hotel Bidakara, Anies Baswedan bersama rombongan menggunakan sepeda, begitupun ketika kembali ke Balai Kota, Anies beserta rombongan kembali menggunakan sepeda.

“Dari Balai Kota menuju ke Hotel Bidakara, saya bersama rombongan menggunakan sepeda, dan begitupun ketika akan kembali, kita tetap bersepeda menuju ke Balai Kota,” tutupnya.

(T2)*