Menuju Minsel Kabupaten Sehat, Dinkes Gelar Koordinasi Lintas Program dan Lintas Sektor

by -200 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – – Mewujudkan Minsel Kabupaten Sehat, maka Dinas Kesehatan menggelar Koordinasi/Advokasi Lintas Program dan Lintas Sektor, yang diselenggarakan di Sutanraja Hotel Amurang pada Kamis, 12 Desember 2019.

Kegiatan tersebut, Dibuka oleh Assisten II Setdakab Minsel Decky Keintjem mewakili Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan dr.Erwin Schouten, serta para Narasumber seperti Anggota Dekab Minsel Roby Sangkoy.

Kegiatan pertemuan lintas sektor tersebut digelar, menurut Kepala Dinas Kesehatan dr.Erwin Schouten, gunanya untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada peserta yang hadir, dalam upaya mendukung Minsel menuju Kabupaten Sehat.

Baca juga:  Cegah DBD, Pemdes Mokobang Lakukan Fogging

Anggota Dewan Roby Sangkoy, dalam acara tersebut, yang tampil sebagai narasumber, mempromosikan mengenai kesehatan dilingkungan masyarakat, bagaimana mencegah berbagai penyakit terutama Demam Berdarah.

Dimana diakhir tahun curah hujan meningkat yang berpotensi meningkatnya jumlah warga terkena penyakit demam berdarah, untuk itu Rosa (sapaan akrabnya) mengajak peserta yang hadir untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai cara mencegah penyakit demam berdarah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr.Erwin Schouten mengatakan dukungan dan support dari semua lintas sektor Kabupaten Minahasa Selatan sangat diharapkan untuk mewujudkan Minsel Kabupaten Sehat, dan penanggulangan dan pencegahan penyakit demam berdarah bukan saja menjadi tanggung jawab dari Dinkes Minsel, tapi juga dukungan dari Lintas Sektor akan sangat membantu, serta kesadaran dari warga masyarakat untuk mencegah datangnya penyakit menjadi salah satu faktor yang penting juga.

Baca juga:  Diketuai Meyer Tigau, Micha Paruntu Lantik Panitia Konsultasi Remaja Sinode GMIM Tahun 2019

Dikesempatan itu pula dr.Erwin Schouten, mengungkap rasa syukurnya dimana oleh Tim Kemenkes RI telah menyatakan 7 Puskesmas di Kabupaten Minahasa Selatan telah dinyatakan lulus Akreditasi Dasar, setelah beberapa waktu lalu, ke-7 Puskesmas tersebut, diakreditasi oleh Tim Surveyor Kemenkes RI.

Adapun para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Para Camat, HukumTua dan Lurah, Ketua TP-PKK Desa/Kelurahan, serta lintas sektor dan instansi terkait lainnya.

(Hengly)*