AKP Khairulnas Meninggal Dunia Karena Sakit, Kapolres Kampar Pimpin Upacara Pemakamannya

Uncategorized30 Dilihat

AKP Khairulnas Meninggal Dunia Karena Sakit, Kapolres Kampar Pimpin Upacara Pemakamannya


KAMPAR, RIAU

Transparansiindonesia.co.id

Polres Kampar hari ini berduka karena salahsatu anggotanya yaitu AKP Khairulnas yang menjabat sebagai Kanit Sabhara Polsek Tapung, meninggal dunia pada Senin dinihari (3/8) di Rumah Sakit Prima Pekanbaru.

Almarhum AKP Khairulnas sempat dirawat selama 2 hari di Rumah Sakit Prima Pekanbaru sejak Sabtu pagi (1/8), beliau diduga terkena serangan jantung dan meninggal dunia pada Senin (3/8) sekira pukul 03.15 wib.

Almarhum AKP Khairulnas meninggal dunia pada usia 56 tahun dan meninggalkan seorang istri atas nama Yanti serta 5 orang anak, terdiri dari 4 orang putri dan seorang putra.

Almarhum merupakan lulusan Seba Polri T.A 1996/1997 dan lulusan PAG (Pendidikan Alih Golongan) ke Perwira pada tahun 2011, jabatan terakhirnya sebagai Kanit Sabhara di Polsek Tapung Polres Kampar.

Almarhum AKP Khairulnas dimakamkan Secara Dinas Kepolisian di pemakaman keluarga di Desa Sipungguk Kecamatan Salo, sebelumnya dilaksanakan Upacara Pelepasan dari rumah duka di Jalan Prof. M. Yamin SH Kecamatan Bangkinang Kota.

Upacara pelepasan dan pemberangkatan almarhum dari rumah duka ini dipimpin Waka Polres Kampar Kompol Ricky Ricardo SIK dan dihadiri Pejabat Utama Polres Kampar beserta rekan-rekannya dari anggota Kepolisian, juga hadir pihak keluarga dan para kerabat yang ikut melepas keberangkatan almarhum menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Baca juga:  Diduga Pengunaan DD Bernuansa korupsi,Ini jawab Kades Sawah baru

Dari rumah duka korban dibawa ke Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di samping Mapolres Kampar untuk dishalatkan, usai pelaksanaan shalat jenazah, almarhum dibawa ke pemakaman keluarga di Desa Sipungguk Kecamatan Salo.

Pada pukul 10.30 wib dilaksanakan Upacara Pemakaman dengan Inspektur Upacara Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK dan dihadiri Para Pejabat Utama Polres Kampar, Para Kapolsek dan segenap personel Polres Kampar serta pihak keluarga dan kerabat almarhum.

Prosesi pemakaman ini diawali Pembacaan Riwayat Hidup Singkat Almarhum, dilanjutkan Pembacaan Apel Persada oleh Kapolres Kampar selaku Inspektur Upacara.

Setelah Penurunan Jenazah ke liang lahat, dilakukan Penghormatan terakhir kepada Jenazah dipimpin Komandan Upacara dan diiringi tembakan salvo. Kemudian penimbunan liang lahat secara simbolis oleh Inspektur Upacara dan dilanjutkan oleh pihak keluarga dan petugas makam.

Pada Upacara Pemakaman ini, Kapolres Kampar selaku Inspektur Upacara menyampaikan sambutannya, berikut petikannya :

Hari ini kita berkumpul di lokasi pemakaman Desa Sipungguk Kecamatan Salo melaksanakan upacara pemakaman secara kebesaran Polri terhadap almarhum AKP Khairulnas, hal ini sebagai penghormatan terakhir kepada almarhum yang meninggal dunia pada hari Senin 3 Agustus 2020 karena sakit.

Baca juga:  Rohil : Operasi Yustisi Malam Ini, Salah Satu Wartawan Cetak Harian dan Online Dikenakan Sanksi Tidak Menggunakan Masker Saat Berkendara

Saya atas nama Pimpinan Polri menyatakan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan memanjatkan doa, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberi ketabahan dan kesabaran serta bimbingan dan perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.

Almarhum semasa hidupnya adalah seorang Bhayangkara yang mendharma baktikan diri bagi Kepolisian dan patut menjadi suri tauladan bagi kita semua.

Akhirnya marilah kita panjatkan doa kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga segala kesalahan almarhum dalam hidupnya mendapat ampunan, diterima segala amal baktinya dan mendapat tempat yang layak disisiNya.

Prosesi Pemakaman ini diakhiri dengan Pembacaan Doa dan Penghormatan terakhir kepada arwah almarhum yang dipimpin Komandan Upacara, usai upacara dilanjutkan penaburan bunga oleh Kapolres Kampar diatas pusara almarhum dan diikuti oleh pihak keluarga serta kerabat almarhum.

Prosesi pemakaman berakhir sekira pukul 11.15 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.

(Romi)