Inovasi Pemdes Powalutan Melindungi Kesehatan Warga Ditengah Pandemi Covid-19

by -39 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, kondisi kesehatan tubuh tentunya sangatlah penting, dimana apabila imun tubuh kuat, tentunya dapat menangkal segala virus yang berpotensi menyerang tubuh manusia salah satunya virus corona atau Covid-19.

Dimana oleh para tenaga medis, selalu menganjurkan untuk mencegah Covid-19, selain mematuhi protokol kesehatan, juga diingatkan agar imunitas tubuh selalu kuat, untuk menangkal serangan Covid-19.

Pemerintah Desa Powalutan Kecamatan Ranoyapo, dalam menjaga kesehatan warga masyarakat Powalutan, melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilaksanakan pada Kamis 4 Maret 2021, di Desa Powalutan.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut dilaksanakan oleh Pemdes Powalutan bekerja sama dengan PT. PLN UPTD Minahasa, PT PJBs (PLTU Amurang).

Kepada awak media transparansiindonesia.co.id, Pejabat HukumTua Desa Powalutan Margareth Masinambow SSi mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut, diprioritaskan bagi para Lansia yang ada di Desa Powalutan, namun banyak pula warga non-lansia yang ikut dalam pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini, kita prioritaskan bagi para lanjut usia, namun ternyata dilokasi banyak pula warga non-lansia yang datang memeriksakan kesehatan,” kata Margareth Masinambow.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis didesa Powalutan, dimana prioritas bagi para lanjut usia, dan dalam kegiatan tersebut para lansia mendapatkan pemeriksaan gula, asam urat dan kolesterol, serta pula mendapatkan Vitamin, Susu Bear Brand dan Masker.

Baca juga:  HUT Polantas Diwarnai Senam Lantas dan Zumba

Sedangkan bagi para Non-Lansia yang ikut dikegiatan tersebut, mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis yakni memeriksa tekanan darah dan suhu tubuh serta juga mendapatkan Masker, Vitamin dan Susu.

Margareth Masinambow mengatakan bahwa, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut digelar didesa yang dipimpinnya tersebut, karena juga akses ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dari desa Powalutan terbilang cukup jauh, sehingga ia berinisatif melakukan kegiatan yang sangatlah membantu warga masyarakat untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis.

Ia pun berterima kasih kepada pihak PLN UPTD Minahasa, PT PJBs (PLTU Amurang) yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Powalutan melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Powalutan.

“Terima-kasih kepada pihak PLN UPTD Minahasa, PT PJBs (PLTU Amurang) yang telah bekerja sama dengan kami pihak Pemdes Powalutan guna pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis didesa Powalutan, tentunya ini sangat membantu warga, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, yang kesehatan harus menjadi hal yang prioritas, terlebih lagi akses ke Faskes Puskesmas dari Desa terbilang cukup jauh,” tambahnya.

Baca juga:  Entry Meeting Dengan BPK, Bupati CEP Ingatkan OPD Harus Pro-aktif Dengan Tim Pemeriksa BPK

Sementara itu warga masyarakat menyambut antusias akan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut, dimana mereka menyatakan sangat terbantu dengan kegiatan tersebut, apalagi dilaksanakan secara gratis dan dilakukan di desa.

“Terima-kasih kepada HukumTua dan jajaran Pemdes Powalutan serta dari pihak PLN UPTD Minahasa dan PT. PJBs yang telah berinisatif melakukan kegiatan yang positif ini, dan tentunya ini sangatlah membantu kami warga masyarakat,” ujar beberapa warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Dari pihak PT. PLN UPTD Minahasa Eduardo Rotama selaku Supervisor bagian lingkungan dan Tumpal Sirait selaku manager PT. PJBs, mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah wujud kepedulian dari perusahaan mereka dalam membantu masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan bagi warga apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, yang kesehatan adalah menjadi sangat penting, dengan harapan melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut, warga masyarakat dapat menjaga kesehatannya dan tentunya didukung pula oleh mematuhi penerapan protokol kesehatan.

“Ini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab dari kami kepada warga Minahasa Selatan dan kali ini warga Desa Powalutan yang mendapatkan pelayanan kesehatan, semoga ini dapat bermanfaat, kami ingatkan pula agar warga dapat dengan selalu mematuhi penerapan protokol kesehatan,” ujar keduanya.

(Hengly)*