Tak Ingin Bangun Dinasti Politik, SSM Inginkan Percepat Proses PAW Istrinya

by -42 views

Sulut, transparansiindonesia.co.id – Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto, menunjukkan kualitas pemimpin yang profesional, dimana setelah dilantik dan memegang tampak pimpinan sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur tidak ingin membangun politik dinasti.

Hal tersebut terlihat, ketika ia menginginkan agar istrinya yang adalah Anggota DPRD Bolaang Mongondow Timur, untuk segera di lakukan pergantian antar waktu (PAW).

Karena pemandangan lumrah, sudah menjadi rahasia umum yang terlihat dimasyarakat bahwa jika seseorang memegang tampuk kekuasaan sebagai kepala daerah, juga diikuti dengan sejumlah jabatan yang diisi oleh keluarga ataupun kroni-kroninya di Pemerintahan.

Namun sikap yang ditunjukan oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto (SSM), sangat patut dicontoh, dengan tidak ingin membangun semacam politik dinasti di pemerintahannya, walaupun sesungguhnya bahwa anggota legislatif adalah pilihan rakyat, bukan wewenang penunjukan dari Kepala Daerah.

Baca juga:  Tetty; "Golkar Sulut Dorong Anggaran Khusus Penanganan Covid-19"

Dirinya justru meminta istri tercintanya, Seska Ervina Budiman yang saat ini masih menjabat anggota DPRD Boltim aktif dari partai Nasdem secepatnya di-PAW (Pergantian Antar Waktu).

“Saya telah menandatangani surat usulan PAW istri saya Seska Ervina Budiman. Dan saat ini tinggal menunggu ditandatangani pak Gubernur,” kata Sachrul usai menghadiri pelantikan dan deklarasi Rukun Maluku Pela Gandong Bolaang Mongondow Raya, di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Sabtu (3/4/2021).

Sikap gentle sang Bupati ini sebagai bentuk komitmen dan janjinya untuk tidak membangun dinasti politik dalam keluarga. Seska yang akan focus sebagai Ketua TP-PKK Boltim mendampingi tugas-tugas suami akan diganti Alamri Matiala.

Menurut Bupati Sachrul, PAW istrinya mungkin yang tercepat dalam sejarah PAW di lembaga DPRD se Indonesia. Karena setelah ditandatangani Gubernur Olly Dondokambey, langsung dilakukan pelantikan.

“Jadi ini proses PAW yang paling singkat dan tercepat. Untuk jadwal pelantikan akan dikoordinasikan kepada pimpinan DPRD Boltim. Mudah-mudahan paripurna bisa dijadwalkan bulan ramadhan ini. Kita minta izin dulu kepada pimpinan DPRD,” katanya. (***)