Gelar Rakorev, Camat Ranoyapo Tegaskan Pendisiplinan Prokes Lebih Diefektifkan

by -34 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) yang digelar pada Senin 19 Juli 2021 bertempat di BPU Desa Lompad.

Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd memimpin rapat koordinasi dan evaluasi tersebut dan dihadiri oleh unsur Forkopimca dan lintas sektor Kecamatan Ranoyapo, para HukumTua dan Sekdes se-Kecamatan Ranoyapo.

Dalam Rakorev tersebut, Camat Joiske Wakas menekankan terkait penanganan Covid-19 yang harus lebih dioptimalkan lagi, mengingat saat ini kasus positif Covid-19 masih saja mengalami peningkatan.

“Penanganan dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 harus lebih dioptimalkan, pendisiplinan penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan mematuhi Penerapan Prokes 5M, terlebih pandemi Covid-19 saat kasus masyarakat terpapar Covid-19 masih menunjukkan peningkatan kasus,” kata Camat Joiske Wakas.

Baca juga:  Giat KRYD, Sutarman Ajak Warga Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Disampaikannya pula bahwa pemerintah kecamatan bekerjasama dengan unsur Forkopimca dan lintas sektor didalamnya Puskesmas Poopo terus melakukan giat pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan diantaranya disiplin memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Kasus Covid-19 terus saja mengalami peningkatan, maka dari itu peran dan fungsi Posko PPKM harus lebih dioptimalkan termasuk para petugas yang bertugas di Pos PPKM untuk jangan ragu menegur dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang tidak memakai masker, ini menjadi sangat penting, karena lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” ujar Joiske Wakas.

Usai penyampaian dari Camat Ranoyapo dilanjutkan dengan evaluasi dari setiap desa, yang disampaikan oleh para HukumTua maupun perwakilan desa, serta penyampaian dari unsur Forkopimca dan lintas sektor Kecamatan Ranoyapo, yang pada umumnya menyampaikan mengenai penanganan penyebaran Covid-19, didalamnya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan lebih mengefektifkan fungsi Posko PPKM maupun para relawan yang ada disetiap desa untuk lebih pro aktif dalam mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga:  Militan OKT for CEP-SSL dan MEP-VT

Kapolsek Ranoyapo Iptu Eko Sutarman yang diwakili oleh Kanit Provost menyampaikan mengenai program gerai vaksinasi presisi Polsek Ranoyapo, yang hadir di puskesmas untuk melayani masyarakat mendapatkan vaksinasi.

Begitu pula dengan apa yang disampaikan oleh kepala puskesmas Poopo Grace Tulung yang mengajak agar warga masyarakat sasaran vaksinasi, untuk dapat ikut divaksin karena hingga kegiatan Rakor dilaksanakan, persentasi warga yang sudah divaksin untuk kecamatan Ranoyapo baru mencapai 20 persen lebih sedikit.

Penanganan penyebaran Covid-19, terus menjadi perhatian dari pemerintah, dan juga perlunya kerjasama dari masyarakat untuk bersama-sama, mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya yakni warga masyarakat dapat dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan. (Hengly)*