pengurus FBR Korwil Kota Bekasi dengan memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja Victory Indonesia Hope Kota Bekasi

by -7 views

Jabar Transparansi Indonesia.co.id – Forum Betawi Rempug (FBR) Koordinator Wilayah (Korwil) Kota Bekasi sebagai salah satu organisasi masyarakat (Ormas) yang mengedepankan nilai-nilai luhur dan kearifan Lokal Budaya Betawi semakin memantapkan dirinya dalam menjaga nilai – nilai Pancasila sebagai semangat menjaga kampung dewek . Hal ini dibuktikan dengan beragam kegiatan sosial kemasyarakatan yang di lakukan oleh kader dan Pengurus FBR yang ada dikota Bekasi Khususnya yang melakukan kegiatannya untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang latar belakang suku, agama, dan ras.

Seperti yang dilaksanakan oleh pengurus FBR Korwil Kota Bekasi dengan memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja Victory Indonesia Hope Kota Bekasi yang berlokasi di komplek Ruko Grand Galaxi, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (21/7). Aksi sosial ini juga melibatkan segenap pengurus yang tergabung di Aliansi Ormas dan LSM Kota Bekasi.

Bentuk Bantuan yang diberikan FBR untuk mendukung pembangunan Gereja Victory ini berupa bahan material semen ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua FBR Korwil Kota Bekasi Novel Said kepada pelaksana proyek pembangunan Sandi Sunardi.

Pengamatan awak Media Transparansi Indonesia terlihat hadir menyaksikan penyerahan bantuan ini, yakni Pimpinan Gereja Victori Indonesia Hope Kota Bekasi Pdt Djajang Buntoro, MTh dan koordinator lapangan Pembangunan Gereja Soni Libertus.

Usai menyerahkan bantuan tersebut Novel Said menjelaskan bantuan ini merupakan sebuah pembuktian bahwa toleransi beragama di Kota Bekasi bukan sekedar retorika atau slogan belaka. “Alhamdulillah di tengah pandemi Corona saat ini, kami masih bisa berbagi 20 zak semen untuk pembangunan rumah ibadah untuk umat Nasrani, dan ini menjadi bukti bahwa toleransi beragama masih berjalan harmonis di Kota Bekasi,” ujarnya.

Novel kembali menepis penilaian masyarakat bahwa Ormas itu identik dengan anarkisme dan premanisme. “Makanya kami buktikan bahwa FBR masih menjadi Ormas yang menjunjung tinggi nilai luhur Pancasila, jiwa Pancasila kami yang sudah mendarah-daging,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pdt Djajang Buntoro, MTh menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian yang ditunjukkan oleh jajaran FBR Korwil Kota Bekasi serta Aliansi Ormas dan LSM Kota Bekasi. “Meski mereka terlihat seperti seorang jawara, namun mereka memiliki jiwa kepedulian dan kemanusiaan yang tinggi. Dan secara pribadi saya sudah lama mengenal akrab Pak Novel dan Bang Haji Anwar Sadat ini,” ujarnya.

Selain itu Djajang menyebut Novel Said dan Anwar Sadat sebagai sosok yang taat beribadah agama Islam. “Bahkan saya mengetahui langsung Pak Novel dan Bang Haji Anwar Sadat sangat rajin melaksanakan Shalat Subuh, dan program keagamaan jiga rajin digiatkan di FBR Korwil Kota Bekasi serta Aliansi Ormas dan LSM Kota Bekasi,” katanya.

Lebih lanjut Djajang menyatakan gereja yang sedang dibangun ini akan memiliki bangunan dua lantai. “Kami menargetkan proses pembangunan rampung sekitar bulan Januari tahun 2022 karena kondisi pandemi Corona yang masih belum teratasi,” ujarnya.

Djajang berharap proses pembangunan Gereja Victori Indonesia Hope Kota Bekasi berjalan lancar sesuai harapan. “Kami memiliki tanggung jawab mrmbina umat agar memiliki moral dan karakter yang ihsan, karena bagaimana pun juga masyarakat Kota Bekasi terkenal dengan ihsannya,” ulas Djajang.

Djajang merasa optimis seluruh umat Nasrani yang ada di Kota Bekasi memiliki semangat yang tinggi untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan pembangunan. “Kami juga ikut membangun Kota Bekasi ini dari segi ihsan, dan kami ikhlas mengajak seluruh umat untuk berjalan ke arah kebaikan,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Aliansi Ormas dan LSM Kota Bekasi H Anwar Sadat berharap bantuan yang diberikan memberikan manfaat, agar toleransi beragama tetap terjalin secara harmonis. “Jangan ada perpecahan, tetap bersatu ke arah kebaikan, karena persatuan dan kesatuan ini menjadi modal utama dalam rangka kegiatan pembangunan yang aman dan lancar,” pungkasnya

HM

Baca juga:  Bupati Buka Musrenbang Kabupaten Way Kanan