Percepatan Pengananan Covid-19, Maindoka dan Maleke Tegaskan Optimalkan Fungsi Posko PPKM

by -18 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi yang dihadiri oleh Koordinator Kecamatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Maesaan yakni DR.Meidy Maindoka selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dan Drs.Sonny Maleke selaku Kepala Dinas Nakertrans dan dihadiri pula oleh para HukumTua, Penjabat HukumTua dan Sekdes se-Kecamatan Maesaan, terkait percepatan pengananan Covid-19 di Kecamatan Maesaan.

Rapat yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 bertempat di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Maesaan tersebut dihadiri pula oleh Kapolsek Tompasobaru Iptu Jeffry Mailensun, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, Kepala Puskesmas Maesaan dr.Irene Pelengkahu, Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, Sekcam Maesaan Ronny Makatimbang SPd, dan jajaran pegawai Kantor Kecamatan Maesaan.

Tim pemantau penanganan penyebaran Covid-19 Pemkab Minsel untuk kecamatan Maesaan Drs.Sonny Maleke mengatakan bahwa penanganan Covid-19 tentunya harus menjadi perhatian serius, perlunya kerja sama dari semua pihak termasuk masyarakat.

Dikatakannya pula bahwa penanganan penyebaran Covid-19, terlebih didalam desa peran aktif dari jajaran pemerintahan desa harus lebih diefektifkan dan ditingkatkan, memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan penyebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dalam menerapkan 5M.

Sementara itu DR.Meidy Maindoka mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Pdt Petra Yanni Rembang MTh, sudah menginstruksikan untuk koordinator Pemantau percepatan penangganan Covid-19 Kabupaten Minahasa Selatan di Kecamatan Maesaan adalah dirinya selaku Kadis Koperasi dan UMKM bersama Drs.Sonny Maleke selaku Kadis Nakertrans.

Baca juga:  Tim Kementan dan Kemendag RI Tinjau Lokasi Penanaman Jagung di Minsel

Dikatakan Maindoka bahwa dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, harus pula ada ketegasan terhadap masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Maindoka mengatakan bahwa untuk setiap posko PPKM yang ada disetiap desa harus lebih diefektifkan dan dioptimalkan, yang juga perlunya didukung oleh para relawan atau petugas posko untuk selalu mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Para petugas posko atau relawan Covid-19, harus lebih berani memberikan teguran kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, juga melaporkan terkait penanganan kasus Covid-19 di Kecamatan Maesaan, dimana ditegaskannya pula bahwa sudah ada kasus Covid-19 dikecamatan Maesaan, maka dari itu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 harus lebih ditingkatkan, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga:  Dinas PP dan KB Minsel Laksanakan Lokakarya Mini di Desa Temboan

Kapolsek Tompasobaru Iptu Jeffry Mailensun, dalam rapat tersebut mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya-upaya penanganan penyebaran Covid-19, melalui giat KRYD seperti operasi yustisi pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Polsek Tompasobaru juga melalui para Bhabinkamtibmas terus melakukan pemantauan disetiap posko PPKM yang ada didesa, serta juga bersama para petugas posko memberikan sosialisasi dan edukasi serta melaksanakan operasi yustisi Penerapan prokes didalam desa.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Danramil Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, yang mengatakan bahwa unsur TNI dalam hal ini Koramil 1302-18 Tompasobaru terus giat melaksanakan operasi yustisi bersama unsur Forkopimca dalam rangka pendisiplinan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Puskesmas Maesaan dr.Irene Pelengkahu kepada tim pemantau percepatan pengananan Covid-19 kabupaten Minahasa Selatan untuk Kecamatan Maesaan, melaporkan terkait kondisi dan situasi penyebaran Covid-19 di Maesaan dimana hingga saat ini tercatat ada 7 kasus aktif berdasarkan hasil tes swan antigen.

Usai dilaksanakan Rapat tersebut, dilanjutkan dengan pemantauan setiap posko PPKM yang ada disetiap desa, sambil juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam upaya bersama mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.
(Hengly)*