Disdukcapil Minsel Terus Sosialisasikan KIA

by -32 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus mensosialisasikan akan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), salah satunya yakni terkait identitas anak.

Saat ini, identitas anak sangat diperlukan sehingga pemerintah mengeluarkan kartu identitas anak (KIA) atau KTP anak, yang diperuntukkan bagi anak usia 17 tahun ke bawah.

Dalam KIA akan tertulis identitas anak seperti nama, tempat dan tanggal lahir jenis kelamin, nomor induk kependudukan, sampai nomor kartu keluarga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan Corneles Mononimbar MM, melalui Plt. Sekretaris Dinas Juan Rondonuwu SH mengatakan bahwa pihaknya terus mensosialisasikan dan mengajak kepada warga masyarakat atau orang tua yang memiliki anak dibawah Usia 17 tahun, untuk segera mengurus KIA.

Baca juga:  Golkar Minsel Gelar Musdes dan Penjaringan Bacaleg Se-Kecamatan Maesaan

Pihak Disdukcapil Minsel akan melayani warga masyarakat dalam hal pengurusan segala bentuk administrasi kependudukan dengan baik dan lancar asalkan kelengkapan berkas sesuai dengan persyaratan yang ada.

Ditegaskan Juan Rondonuwu pula bahwa, segala bentuk pengurusan administrasi kependudukan di Disdukcapil Minsel semuanya gratis, tidak ada yang dibayar.

KIA adalah kartu identitas anak dengan tujuan meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta memberi perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Kartu identitas anak adalah bentuk perhatian pemerintah berkewajiban memberikan identitas kependudukan yang berlaku secara nasional, selain KTP bagi orang dewasa.

Baca juga:  Kapolsek Ranoyapo Berikan Materi Mengenai Bahaya Narkoba dalam Seminar dengan Tema 'Generasi Kristen Millenial'

Untuk pengurusan KIA, berkas yang harus dipenuhi yakni Kartu Keluarga, Akte Lahir Anak, pas foto bagi anak usia diatas lima tahun dengan latar biru bagi anak kelahiran ditahun genap dan latar merah bagi anak yang lahir ditahun ganjil, sedangkan anak usia dibawah lima tahun, tidak perlu menyertakan pas foto.

Pelayanan Disdukcapil Minsel terus ditingkatkan dalam pelayanan administrasi kependudukan warga masyarakat, maka dari itu saran, kritik disertai solusi sangat diperlukan dan diterima, dan tentunya juga harus dengan identitas yang jelas jika memberikan saran, dan kritik. (Hengly)*