Motivasi Warga Manfaatkan Pekarangan, TP-PKK Poopo Utara Gelar Lomba

by -58 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Desa Poopo Utara, Kecamatan Ranoyapo, melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), melaksanakan lomba taman PKK.

Lomba Taman antar Jaga yang ada di Desa Poopo Utara, sebagai bagian juga dari peringatan HUT RI ke-76, dan menyemarakkan dengan berbagai lomba salah satu yakni lomba taman PKK.

Setelah disosialisasikan dan disampaikan beberapa waktu lalu terkait lomba taman tersebut, maka pemerintah jaga melalui PKK Jaga didalamnya dasawisma, melakukan persiapan dan membentuk taman PKK.

Lomba Amalkan dan Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (AKu HATI-Nya) PKK, adalah memotivasi kaum perempuan untuk dapat memanfaatkan pekarangan atau halaman depan rumah atau belakang rumah, untuk bisa mendapatkan nilai ekonomi guna membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Pekarangan atau halaman, bisa dimanfaatkan dengan ditanami segala macam tanaman produktif, atau berupa toga, dapur hidup, tanaman keras, tanaman hias, untuk kebutuhan memenuhi gizi keluarga yang didalamnya juga membawa dampak bagi peningkatan ekonomi keluarga.

Baca juga:  Iptu Jefry Mailensun Pantau Aktifitas Warga di Pasar Poopo

Dan untuk penilaian lomba Taman AKu HATI-Nya PKK Desa Poopo Utara dilaksanakan pada Selasa 17 Agustus 2021, dimana tim penilai dipimpin oleh Ketua TP-PKK Desa Poopo Utara Yunita Masinambow (Ny.Lumintang), bersama pengurus TP-PKK Desa.

Dan dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim penilai, maka menghasilkan pemenang untuk lomba tersebut, namun oleh Ketua TP-PKK Poopo Utara Yunita Masinambow mengatakan bahwa yang menjadi prioritas dalam giat lomba tersebut bukanlah soal menang dan tidak menang, namun semangat kebersamaan dari para kader PKK yang ada ditingkat jaga dan para masyarakat untuk menjadi motivasi dalam pemanfaatan pekarangan agar dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk dapat memiliki nilai ekonomi bagi keluarga.

Baca juga:  Apel Kerja Pemdes Poopo Utara, Carl Lumintang Tekankan Mengenai Kedisiplinan

Disampaikan Yunita Masinambow bahwa ditengah pandemi Covid-19 saat ini, disaat warga masyarakat menghadapi penerapan PPKM, maka salah satu solusi agar roda perekonomian masyarakat atau roda perekonomian keluarga terus berjalan adalah dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah untuk ditanami berbagai tanaman produktif yang bisa membawa dampak ekonomi bagi keluarga.

Dari informasi yang diperoleh media ini, untuk hasil penilaian lomba taman AKu HATI-Nya PKK Desa Poopo Utara adalah sebagai berikut;

Juara 1 : Jaga 4
Juara 2 : Jaga 3
Juara 3 : Jaga 1 dan Jaga 5

Ketua TP-PKK Yunita Masinambow, mengajak untuk terus merawat akan taman PKK yang ada disetiap jaga, lebih dikembangkan dan itu kiranya akan menjadi motivasi untuk berbuat hal serupa dilingkungan keluarga masing-masing, memanfaatkan setiap pekarangan menjadi lebih bermanfaat guna. (Hengly)*