Yachika Tumangken, Sosok Ketua TP-PKK Kinalawiran Yang Selalu Tampil Modis Disetiap Momen Kegiatan

by -1,099 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Upaya dalam rangka percepatan pengananan Covid-19, terus dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan setiap instansi dan institusi pemerintah, dan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah selain pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, juga penerapan protokol kesehatan.

Kaum Perempuan juga, diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam upaya pemberantasan penyebaran Covid-19, dimana peran dari TP-PKK juga sangat penting peranannya dalam percepatan pengananan Covid-19.

Seperti apa yang dilakukan oleh sosok Yachika Claudia Tumangken Amd.Keb, sebagai Ketua TP-PKK Desa Kinalawiran, Kecamatan Tompasobaru, bersama jajaran pengurus PKK Desa, terus giat melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Dimana menurut wanita cantik kelahiran Tompasobaru 15 Oktober 1991 tersebut bahwa dimasa pandemi Covid-19 saat ini, salah satu kerja sama dari masyarakat dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 adalah dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Kita masih berada dimasa pandemi Covid-19, yang tentunya peran serta dan peran aktif dari masyarakat sangat diharapkan guna memutus rantai penyebaran Covid-19, yakni masyarakat diharapkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6-M,” kata Yachika Claudia Tumangken, sosok istri yang selalu setia mendampingi sang Penjabat HukumTua Romel Walingkas dalam setiap kegiatan.

Baca juga:  Polsek Ranoyapo Kawal Penyaluran Rastra di Desa Beringin

Yachika Claudia Tumangken, selain sebagai Ketua TP-PKK Desa Kinalawiran, juga tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara yang bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan tepatnya ditempatkan di Puskesmas Tompasobaru.

Sebagai Ketua TP-PKK Desa Kinalawiran, perempuan yang akrab disapa Chiks tersebut, juga terus memantapkan program-program PKK dalam mendukung setiap program pemerintah, dengan pemberdayaan perempuan dan keluarga.

Bagaimana memberdayakan perempuan dimasa pandemi saat ini, untuk bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat yang didalamnya berdampak pada peningkatan pendapatan keluarga.

Maka dari itu selaku Ketua TP-PKK Desa Kinalawiran, Yachika Claudia Tumangken mengajak kepada para perempuan Kinalawiran untuk mampu memanfaatkan potensi diri yang dipadu dengan perkembangan teknologi informasi untuk bisa bagaimana meningkatkan roda perekonomian masyarakat seperti menciptakan usaha-usaha kecil yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

“Pandemi Covid-19 saat ini tentunya sangat berdampak pada sektor perekonomian, maka dari itu saya mengajak kapada kaum perempuan didesa Kinalawiran, untuk bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi diri dengan menciptakan usaha-usaha kecil guna menggerakkan dan meningkatkan roda perekonomian yang nantinya juga akan berdampak pada pendapatan ekonomi keluarga,” kata wanita yang selalu tampil modis dalam mendampingi sang suami disetiap momen kegiatan.

Baca juga:  Tetty; "Manfaatkan Waktu Libur dengan Belajar Dirumah"

Dengan Motto ‘Jangan Tunda Sampai Besok Apa yang Bisa Dikerjakan Hari Ini’ Yachika Claudia Tumangken selalu melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik, mampu mengatur waktu sebagai ASN, sebagai Ketua TP-PKK dan sebagai IRT, maka dengan selalu mampu membagi waktu ditengah kesibukan yang dihadapinya mampu membentuk dirinya menjadi wanita yang kuat dan mandiri.

Selalu berusaha tampil modis dalam setiap momen kegiatan, selalu memperhatikan penampilan dalam mendampingi suami disetiap kegiatan atau acara, karena menurutnya penampilan sebagai seorang istri HukumTua (Kepala Desa) dalam mendampingi suami akan menggambarkan juga bagaimana perhatian dari sosok pendamping dalam mendukung dan mensuport tugas suami sebagai pejabat publik.

(Hengly)*