Pemdes Picuan Baru Salurkan BLT-DD Bulan Ke-10 Kepada 71 KPM

Minsel16 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah pandemi saat ini terus saja dilakukan dengan berbagai program bantuan kepada masyarakat, salah satunya yakni bantuan langsung tunai yang bersumber dari anggaran dana desa.

Berlabel Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), pemerintah desa diharuskan mengalokasikan anggaran untuk bantuan tersebut yang ditujukan kepada warga masyarakat terdampak dan benar-benar membutuhkan bantuan dan juga belum tersentuh dengan bantuan lainnya dari pemerintah.

Salah satu desa penerima manfaat anggaran dana desa dan mengalokasikan bantuan langsung tunai dana desa adalah Desa Picuan Baru, Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan.

Dan pada Rabu, 27 Oktober 2021 Pemerintah Desa Picuan Baru menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat, dimana yang disalurkan adalah BLT-DD untuk bulan ke-10.

Baca juga:  Pemdes Sion Salurkan BLT-DD Triwulan Ke-empat Kepada 35 KPM

Sebagaimana apa yang disampaikan oleh HukumTua Desa Picuan Baru Johny Kesek melalui kepala urusan keuangan Nola Wuisan ketika dikonfirmasi oleh awak media transparansiindonesia.co.id mengatakan bahwa BLT-DD yang disalurkan pada Rabu (27/10) adalah untuk bulan ke-10 atau bulan Oktober, karena sebelumnya juga Pemdes Picuan Baru secara bertahap telah menyalurkan BLT-DD dari bulan pertama hingga bulan ke-9.

Disampaikannya pula bahwa adapun jumlah KPM BLT-DD didesa Picuan Baru sebanyak 71 KPM berdasarkan hasil keputusan dalam Musdes penetapan KPM BLT-DD, yang kemudian dituangkan dalam Perkades Picuan Baru.

“Masing-masing KPM mendapatkan uang tunai sebesar Rp.300.000, sehingga alokasi Dandes yang terserap untuk penyaluran BLT-DD bulan ke-10 berjumlah 21.300.000,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Minsel Dorong Masyarakat Dukung Pariwisata

Sementara itu kepada para KPM BLT-DD, HukumTua Johny Kesek mengingatkan agar bantuan yang diberikan tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peruntukannya, dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat yang nantinya akan berdampak pada peningkatan roda perekonomian masyarakat, dan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Anggaran Dana Desa tahun 2021 Desa Picuan Baru, selain dialokasikan untuk BLT-DD, juga dialokasikan untuk beberapa kegiatan pembangunan lainnya seperti bidang pembangunan desa yakni peningkatan infrastruktur jalan desa, penanganan pandemi Covid-19, serta kegiatan pemberdayaan lainnya yang dimaksudkan untuk kemajuan pembangunan yang ada di Desa Picuan Baru. (Hengly)*