Perdana Di Tahun 2022, Puskesmas Maesaan Gelar Lokmin Tribulanan

Minsel127 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Maesaan, melaksanakan Lokakarya Mini Tribulanan Pertama ditahun 2022, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Puskesmas Maesaan pada Selasa 15 Februari 2022, dan dihadiri oleh Forkopimca Maesaan dan dari Dinas Kesehatan Minsel.

Kegiatan Lokakarya Mini Puskesmas Maesaan dibuka oleh Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt.

Dalam sambutannya Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt terkait program dan upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kecamatan Maesaan didalamnya percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Camat Jelly Nelwan dalam kesempatan tersebut juga menyoroti akan kehadiran para HukumTua dan Penjabat HukumTua dalam kegiatan Lokmin Puskesmas Maesaan, dimana hanya satu Penjabat HukumTua yang hadir yakni Penjabat HukumTua Liningaan, padahal kegiatan tersebut juga sangat penting kehadirannya bagi para Pemerintah Desa.

Sementara itu Kepala Puskesmas Maesaan dr. Silvana Feronita Pakasi dalam sambutannya menyampaikan mengenai program dan kegiatan dari Puskesmas Maesaan dalam pelayanan kemasyarakatan terlebih pelayanan kesehatan, ditengah pandemi saat ini.

dr.Feronita Pakasi mengatakan bahwa berbagai hal terus dilakukan pihak Puskesmas Maesaan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Puskesmas Maesaan selain pelayanan yang kesehatan rutin kepada masyarakat, Puskesmas Maesaan juga terus melakukan upaya pencegahan Stunting, penanganan balita gizi buruk, pelayanan ibu hamil dan pelayanan kesehatan lainnya.

Baca juga:  Dihadiri Forkopimca, Puskesmas Maesaan Launching Vaksinasi Sinovac

Untuk saat ini, Puskesmas Maesaan berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait terus mengoptimalkan pelaksanaan percepatan vaksinasi, dalam rangka meningkatkan angka capaian vaksinasi di Kecamatan Maesaan.

“Saat ini kita terus mengoptimalkan kinerja, untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Maesaan, terlebih dimasa pandemi saat ini saya mengajak kita semua stakeholder terkait untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi warga sasaran vaksin, dalam rangka meningkatkan angka capaian vaksinasi di Kecamatan Maesaan,” ujar dr. Silvana Feronita Pakasi.

Kapolsek Tompasobaru AKP Jeffry Mailensun dalam sambutannya dikegiatan tersebut menyampaikan sangat mengapresiasi akan kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Maesaan, yang terus bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak Forkopimca dalam setiap kegiatan, guna percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Kapolsek AKP Jeffry Mailensun mengatakan pula bahwa pihak Polsek Tompasobaru mensupport dan mendukung penuh program pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Maesaan, salah satunya yakni mengenai program pencegahan penyebaran Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat sasaran vaksin.

Hal yang sama pula disampaikan oleh Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda Adri Kandowangko, yang akan mendukung dan mensupport kegiatan-kegiatan dari Puskesmas Maesaan.

Sementara itu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Dinas dr. Erwin Schouten yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesmas dr. Hana Wungkar M.Kes dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Stiven Umboh Am.KL.

Baca juga:  Bersama Kapolres, Bupati FDW Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Di Tompasobaru

Kabid Kesmas dr. Hana Wungkar menyampaikan terkait maksud dari dilaksanakan kegiatan tersebut yang dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali disetiap Puskesmas, ia pun mendorong agar pihak Puskesmas dan stakeholder terkait, didalamnya pemerintah desa untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi.

Kabid Yankes Stiven Umboh menyampaikan mengenai peran dari masing-masing sektor dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk pelayanan vaksinasi bagi masyarakat sasaran vaksin dalam rangka upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Salah satu program guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yakni program PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, yang diharapkan akan mewujudkan Indonesia Sehat.

Hadir dalam kegiatan Lokakarya Mini Tribulanan Puskesmas Maesaan diantaranya, Dari pihak Dinkes Minsel yang diwakili oleh Kabid Kesmas dr. Hana Wungkar, Kabid Yankes Stiven Umboh bersama jajaran pegawai Dinkes, Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt, Kapolsek Tompasobaru AKP Jeffry Mailensun, Danramil Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, Kepala Puskesmas Maesaan dr. Silvana Feronita Pakasi, penjabat HukumTua Desa Liningaan, serta jajaran pegawai Puskesmas Maesaan. (Hengly)*