Karowa Wakili Tompasobaru Dalam Epdeskel Tingkat Kabupaten

Minsel84 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Setelah selesai dengan kegiatan lomba desa atau evaluasi perkembangan desa tingkat kecamatan Tompasobaru, maka ditetapkan desa yang mewakili Kecamatan Tompasobaru dalam lomba evaluasi perkembangan desa tingkat kabupaten Minahasa Selatan tahun 2022.

Dari sepuluh (10) Desa yang ada di Kecamatan Tompasobaru, Desa Karowa ditetapkan yang terbaik dan paling siap untuk diikut sertakan dalam kegiatan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan (Epdeskel) tingkat Kabupaten Minahasa Selatan.

Setelah ditetapkan sebagai desa yang akan mewakili Kecamatan Tompasobaru dalam kegiatan Epdeskel tingkat Kabupaten, persiapan demi persiapan dilakukan oleh jajaran pemerintah dan masyarakat serta stakeholder terkait lainnya.

Persiapan dari penataan lingkungan agar terlihat bersih dan indah, hingga adminstrasi desa terus dilakukan, sampai pada menjelang pelaksanaan penilaian oleh Tim Penilai Epdeskel tingkat Kabupaten Minahasa Selatan.

Dan sesuai jadwal dari tim penilai Epdeskel Kabupaten Minsel, Kecamatan Tompasobaru yakni Desa Karowa yang menjadi perutusan jadwal penilaian adalah pada Rabu, 18 Mei 2021.

Maka tim dua (2) dari tim penilai Epdeskel Kabupaten Minahasa Selatan pada Rabu 18 Mei 2022 mengunjungi dan melakukan penilaian di Desa Karowa dalam rangka Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2022.

Berada di Desa Karowa tim penilai Epdeskel Kabupaten Minsel langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, selanjutnya setelah menyampaikan beberapa hal, tim selanjutnya langsung turun lapangan melakukan penilaian di setiap jaga yang ada di desa Karowa, sementara tim lainnya melakukan penilaian akan admistrasi desa maupun administrasi dari TP-PKK Desa.

Baca juga:  Handri Sondakh Apresiasi Tingkat Perkembangan Desa Makaaruyen

Walaupun hujan lebat mengguyur wilayah Desa Karowa dan sekitarnya, namun tak menyurutkan semangat dari tim penilai Epdeskel Kabupaten yang didampingi oleh pemerintah desa dan lembaga desa untuk turun lapangan melakukan penilaian.

Usai melakukan penilaian, selanjutnya dilakukan evaluasi terkait apa yang dilihat dan ditemui dilapangan, termasuk juga penilaian mengenai administrasi desa.

Berbagai hal terkait penilaian Epdeskel Tingkat Kabupaten dipaparkan oleh instansi yang hadir termasuk juga oleh TP-PKK Kabupaten Minahasa Selatan yang dihadiri oleh Ketua Pokja Frely Turangan SST yang juga selaku Kepala Dinas PP-PA Kabupaten Minsel, Ketua Pokja Pretty Tandaju yang juga Kabag Kesra Setdakab Minsel, dan pengurus TP-PKK lainnya yang hadir.

Serta pula penyampaian dan pemaparan dari bagian pemerintahan Setdakab Minsel dan dari Dinas PMD Minsel yang disampaikan oleh Kabid Pembangunan Desa Edwin Tampi.

Pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dilaksanakan sebagaimana amanat Permendagri nomor 81 tahun 2021 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi akan apa yang dilakukan oleh pemerintah desa, jajaran lembaga dan masyarakat desa yang telah berusaha dan bekerja keras dalam rangka kegiatan evaluasi perkembangan desa tingkat kabupaten Minahasa Selatan yang dimana Desa Karowa merupakan perutusan dari Kecamatan Tompasobaru.

Sementara itu penjabat HukumTua Desa Karowa Pingkan Tewu mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah desa, lembaga-lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat desa Karowa yang telah merespon dengan baik program pemerintah terlebih dalam rangka penilaian Epdeskel Tingkat Kabupaten.

Baca juga:  Stefanus Lumowa Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Bagikan Sembako di Desa Liandok dan Karowa

Dimana setiap jaga yang ada didesa Karowa, pula berlomba & lomba memberikan yang terbaik, setiap jaga juga membuat taman PKK serta pula adminstrasi jaga dan PKK, serta antusias masyarakat dan partisipatifnya masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menata lingkungan agar terlihat asri dan indah.

Ia pun berharap, apa yang telah diusahakan oleh pemerintah desa dan masyarakat serta stakeholder terkait lainnya dalam persiapan penilaian Epdeskel kali ini, bisa direspon dengan nilai yang memuaskan, sambil berharap pula desa Karowa menjadi yang terbaik di Minahasa Selatan.

Kegiatan Epdeskel tingkat Kabupaten didesa Karowa dihadiri oleh tim penilai Epdeskel Kabupaten yakni Kadis PP-PA Minsel Frely Turangan SST selaku Ketua Pokja TP-PKK Minsel, Kabag Kesra Pretty Tandaju, Stafsus Bupati bidang pemberdayaan perempuan Margo Tawas, beberapa pengurus TP-PKK Minsel, Kabid pembangunan DPMD Minsel Edwin Tampi, Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa, Sekretaris Kecamatan Feiby Sampow, bersama pegawai dan staf Kantor Kecamatan, Kapolsek Tompasobaru AKP Jeffry Mailensun yang diwakili oleh Kanit Samapta Ipda Denny Lengkong, Tim Pendamping Profesional Indonesia Kecamatan Tompasobaru, PLD, Penjabat HukumTua Desa Karowa bersama jajaran pemerintah dan lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda.
(Hengly)*