Pemkab Minsel Akan Gelar Pilhut Serentak Di 42 Desa, Begini Daftarnya…

by -432 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan pada Senin 4 Juli 2022 bertempat di Aula Waleta Kantor Pemkab Minsel melaksanakan launching pelaksanaan tahapan pemilihan HukumTua (Pilhut) atau kepala desa serentak.

Launching Pilhut serentak di Kabupaten Minahasa Selatan dihadiri oleh duo top eksekutif Minsel yakni Bupati Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Petra Yanni Rembang MTh, jajaran Forkopimda, serta para pejabat teras Pemkab Minsel dan pula para Camat dan para penjabat HukumTua yang desanya akan melaksanakan Pilhut ditahun 2022.

Dari sebanyak 118 Desa di Minahasa Selatan yang saat ini dijabat oleh pejabat HukumTua, baru akan ada 42 desa yang akan melaksanakan Pilhut Serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada medio bulan Oktober 2022 mendatang.

Beberapa poin menjadi pertimbangan sehingga pelaksanaan Pilhut serentak baru akan dilaksanakan di 42 desa, dari 118 desa di Kabupaten Minsel yang saat ini masih dijabat oleh penjabat HukumTua yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga:  DPRD Minsel Gelar Paripurna Dengar Pidato Kenegaraan Presiden RI

Faktor keamanan, anggaran serta beberapa hal lainnya sehingga untuk pelaksanaan Pilhut Serentak baru 42 desa yang akan melaksanakan, dimana ke 42 desa yang akan melaksanakan Pilhut merupakan desa-desa yang telah lama dijabat oleh Penjabat HukumTua.

Dengan dilaksanakan Launching Pilhut Serentak maka dipastikan akan ada pelaksanaan Pemilihan HukumTua guna memilih HukumTua Definitif di sebanyak 42 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Karena untuk diketahui pula bahwa saat ini tinggal 49 Desa di Minsel yang dijabat oleh HukumTua definitif, dan itupun masa jabatan dari ke-49 HukumTua definitif akan berakhir pada 17 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga:  Putra Tompasobaru, Jeferson Lanangona Ikut Lomba Indonesia Model Award di Jakarta

Dan berikut ini Daftar 42 Desa yang akan Melaksanakan Pilhut Tahun 2022 :

Kec. Motoling Timur
-Tokin
-Karimbow Talikuran

Kec. Ranoyapo
-Mopolo Esa

Kec. Tareran
-Wiau Lapi
-Tumaluntung
-Tumaluntung satu
-Wuwuk
-Wiau lapi barat
-Kaneyan

Kec. Tatapaan
-Rap-rap
-Popareng
-Sondaken

Kec. Tenga
-Pakuweru utara
-Pakuure 3

Tawaang barat

-Tawang Timur
-Tawaang
-Pakuweru
-Sapa timur
-Radey

Kec. Suluun Tareran
-Kapoya 1

Kec. Sinonsayang
-Boyong pante
-Boyong pante 2
-Poigar 2
-Ongkaw 3
-Tanamon utara
-Blongko

Kec. Motoling
-Motoling 1

#Kec. Motoling Barat
-Keroit
-Toyopon

Kec. Tumpaan
-Munte
-Tumpaan
-Tumpaan 1

Kec. Amurang Timur
-Lopana 1
-Maliku 1
-Ritey
-Kotamenara

Kec. Amurang
-Ranoketang tua

Kec. Amurang Barat
-Teep trans
-Teep
-Elusan

Kec. Kumelembuai
-Malola satu 

(Hengly)*