Dr Kamsol ; Perlu  Strategi Khusus dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

by -38 views

Bangkinang Kota, Transparansi indonesia.co.id  Diskusi dan Temu Ramah dengan Civitas Akademi Universitas Pahlawan bersama Pucuk Adat Lima Koto, Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM menyampaikan perlu adanya Stategi dalam peningkatan mutu pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Dr Kamsol saat diskusi langsung bersama Rektor Prof Dr Amir Lufhfi, Wakil Rektor II Muhammad Nizar Syarif Hamidi M.Kes, Wakil Rektor III Ns. Apriza M.Kep, para Doktor di UP, Pucuk Atat Dt Bosau Kuok, Datuok Godang Rumbio, Dt Rajo Duobalai Dt Malik, di ruang rapat UP Bangkinang, selasa (19/7/2023).

Lebih lanjut, Kamsol menyampaikan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan, strategi utama adalah perlu peningkatan Profesionalisme Guru, pembinaan manajemen pendidikan, peningkatan buku dan sarana belajar, serta yang terpenting adalah peningkatan partisipasi masyarakat.

Baca juga:  Tim Jalan-jalan Horee Kunjungi Spot Air Terjun Tambang Murai di Wilayah XIII Koto Kampar

Untuk diketahui, dalam mencapai stategi tersebut dalam standar ekonomi Indonesia baru bangkit apabila telah diterapkan belajar 15 tahun. Di Kampar sendiri, saat ini telah berjalan belajar 9 tahun dan sebenarnya sudah bisa dicanangkan wajib belajar 12 tahun.”ungkap Kamsol”.

Kemudian Kamsol juga berharap partisipasi orang tua nantinya untuk mengupayakan kedepan agar anak-anak putus sekolah khususnya di Kampar, mimimal bisa dimasukkan kedalam Paket A, B maupun paket C.”pinta Kamsol”.

Untuk itu perlu juga kerja keras Universitas Pahlawan yang sedang berkembang di Kampar Ini, agar UP atau melalui rektor terus bisa menjalin kerjasama bidang sumber daya manusia, Pertanian, Perikanan, Perkebunan serta Peternakan.

Sementara untuk peningkatan  ekonomi masyarakat, Pemda Kampar saat ini menggesa program swasembada pangan lebih kurang 500 hektar dengan mengahsilkan beras “Cap Ulu Kasok”. Domana dalam penguasaan beras nantinya akan membentuk perusahaan PT. Kampar Agro Sejahtera melalui Koperasi Petani dan Koperasi ASN.

Baca juga:  Unit Reskrim Polsek Tapung Tangkap Seorang Pengedar Shabu di Wilayah Desa Sei Putih

Sementara itu Rektor Universitas Pahlawan Prof Dr Amir Lufhfi mendukung penuh dan siap bekerjasama khusus dalam bidang pendidikan, UMKM, Kesehatan, dan Peternakan sesuai dengan program Kampus.

Sementara dalam peningkatan mutu pendidikan di Unibersitas sendiri, saat ini kami telah melakukan kerjasa dengan beberapa Universitas luar negeri seperti Universitas yang ada di Taiwan, Filipina, Jepang, Malaysia, Belanda.

Allhamdulillah dengan kerjakeras,  pertumbuhan jumlah mahasiswa terus meningkat sebanyak 20% setiap tahunnya. Dimana untuk saat ini mahasiswa/i UP lrbihnkurang 5 ribu dan mahasiswa baru penih kurang 1.500 lebih.”terang Luthfi”.

(ROMI/diskominfo).