Rembuk Itu Penting Untuk Cegah Stunting

Daerah136 Dilihat

Labuhanbatu, Transparansi Indonesia.co.id Rembuk itu penting untuk mencegah stunting” Ucap Ketua Tim Penanganan Penurunan Stunting yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Ahli Muda BAPPEDA Kabupaten Labuhanbatu Nova Lindawaty Ginting, S, ST, pada acara penanda tanganan komitmen bersama Aksi konvergensi percepatan stunting di aula kantor Camat Panai Hulu Kamis 28/7/2022.

Sesuai peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 perlu diadakannya rembuk untuk mengatasi stunting, Segala kegiatan yang bisa mempercepat penurunan stunting agar bisa lebih cepat diadakan.ucap Nova.

Kenapa rembuk ini penting, menurut Nova, segala sesuatu terkait stunting mulai dari perawatan usia remaja, ibu hamil dan melahirkan dapat kita memperoleh nya disini.

Terkait Stunting Nova menjelaskan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang balita sejak 1000 hari kehidupan pertama didalam kandungan, semua itu perlu kita berikan perawatan. Dari itu ayo bersama kita satukan konsep turunkan stunting.

Baca juga:  KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI BATAM DAN UNIT PELAYANAN PASPOR MEMBATALKAN DPRI

Kepada pihak Maneger perkebunan PTPN4 Aek Jamu Nova juga meminta agar pihak perkebunan bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk pemenuhan hak stunting diantaranya penyediaan sarana kesehatan dan alat ukur tinggi badan Antropometri.

 

Menanggapi hal tersebut, Maneger perkebunan PTPN4 Aek Jamu
Ismail, SP, mengatakan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk penurunan angka stunting, ” di kebun kami juga telah mempersiapkan pos kesehatan kebun dan untuk alat ukur badan segeralah buat profosal nanti biar kami teruskan kekantor pusat”.

Menurut biasa, pimpinan perkebunan PTPN4 pusat akan segera merespon jika ada profosal terkait program stunting, Ucap Ismail.

 

Kepala Bidang Kesejahteraan Keluarga Dinas P2KB Labuhanbatu Hj.Farida Yusnani SE, menuturkan, saat ini langka untuk melakukan penurunan stunting sudah kita lakukan dari hal sekecil mungkin, mulai dari persyaratan catin hingga pembentukan tim TPPS di setiap desa.

Baca juga:  Hebat Berkat Loby HBL Akhirnya Kabupaten Talaud MOU Untuk Buka Peluang Nanusa Jadi Sport Internasional.

Sementara Camat Panai Hulu melalui stafnya Ardi Dalimunthe mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Labuhanbatu yang hadir memberikan pemahaman kepada masyarakat Panai Hulu, semoga materi yang diberikan hari ini menjadi ilmu dan pemahaman kami masyarakat Panai hulu.ucap Ardi

 

Sebagai catatan dikecamatan Panai hulu ada 7 Desa dengan Satu lokus yakni desa teluk sentosa, sebagai langkah tindak lanjut, pemcam Panai Hulu akan berkordinasi dengan seluruh lapisan pemerintahan kecamatan hingga kedusun- dusun, termasuk sosialisasi apa itu Stunting.

Hadir mengikuti acara tersebut, unsur Forkopimca Panai Hulu, Kader PKK, Kader Posyandu, Ormas KNPI, Karang Taruna dan tokoh masyarakat Panai Hulu.

(Ok Krisna)