Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Puskesmas Tompasobaru Canangkan Germas

by -70 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tompasobaru melaksanakan giat pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang diikuti oleh unsur Forkopimca, lintas sektor, jajaran pemerintah desa se-Kecamatan Tompasobaru, serta pegawai dan staf Puskesmas Tompasobaru.

Kegiatan pencanangan Germas oleh Puskesmas Tompasobaru, juga sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Bupati Minahasa Selatan nomor 119 tahun 2022 tentang pembentukan forum komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2022.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Puskesmas Tompasobaru Sandra Parengkuan Amd.Keb SM bahwa kegiatan pencanangan Germas tersebut adalah tindak lanjut dari SK Bupati Minahasa Selatan nomor 119 tahun 2022 tentang pembentukan forum komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Minahasa Selatan, yang harus ditindaklanjuti hingga ke tingkat kecamatan, dan melibatkan pemerintah kecamatan dan jajaran unsur Forkopimca dan lintas sektor serta jajaran pemerintah desa.

“Kegiatan pencanangan Germas ini sebagai tindak lanjut dari SK Bupati Minahasa Selatan nomor 119 tahun 2022 tentang pembentukan forum komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Minsel, dan ditindaklanjuti hingga ke tingkat kecamatan, dimana pencanangan Germas ditandai dengan giat jalan sehat dan senam sehat bersama,” kata Kepala Puskesmas Sandra Parengkuan.

Baca juga:  Forkopimca Dan Puskesmas Tompasobaru Gencar Lakukan Sweeping Kartu Vaksin

Pencanangan Germas di Kecamatan Tompasobaru, ditandai dengan lega jalan sehat bersama yang dilaksanakan pada Jumat pagi 26 Agustus 2022, dengan start dari halaman Kantor Kecamatan Tompasobaru dan finis di depan Puskesmas Tompasobaru.

Dimana kegiatan jalan sehat yang dilanjutkan dengan senam sehat bersama tersebut diikuti oleh Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa bersama jajaran pegawai, Kapolsek Tompasobaru AKP Bobi Tri Mulyono , bersama personil Polsek Tompasobaru, Pemerintah Desa se-Kecamatan Tompasobaru, serta pegawai dan staf Puskesmas Tompasobaru.

Usai kegiatan jalan sehat, pencanangan Germas di Kecamatan Tompasobaru juga ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tentang dukungan dan support program Germas di Kecamatan Tompasobaru, antara pihak Puskesmas Tompasobaru yang dilakukan Kepala Puskesmas Sandra Parengkuan dan Pemerintah Kecamatan Tompasobaru yang dilakukan Camat Tompasobaru, dan disaksikan oleh Kapolsek Tompasobaru, Danramil Tompasobaru dan perwakilan pemerintah desa sebagai saksi.

Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa mengatakan bahwa tentunya pihak pemerintah kecamatan mendukung dan mensupport penuh pencanangan Germas, yang nantinya akan ditindaklanjuti pula dengan akan meneruskan ke setiap pemerintah untuk mensosialisasikan, dan ikut mendukung program Germas guna mewujudkan Minsel sehat.

Baca juga:  Bupati Tetty Paruntu Buka Kegiatan Sidang Tahunan KGPM Tahun 2018 di Desa Karimbow

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolsek Tompasobaru AKP Bobi Tri Mulyono, yang menyampaikan bahwa pihak Polsek Tompasobaru juga akan mendukung dan mensupport program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, melalui giat-giat KRYD yang akan dilaksanakan.

Ditambahkan Kapus Tompasobaru Sandra Parengkuan bahwa program gerakan masyarakat hidup sehat, bukan hanya mengenai bagaimana berolahraga teratur agar mendapatkan tubuh yang sehat tapi didalamnya juga bagaimana terus menjaga pola makan yang bergizi, tidak merokok, dan juga tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang merusak kesehatan tubuh.

Ia pun berterima kasih kepada semua pihak, yang telah hadir dalam kegiatan pencanangan Germas, dan berharap Germas terus digaungkan hingga ke setiap pelosok desa agar apa yang menjadi maksud dan tujuan dari Germas akan benar terwujud.
(Hengly)*