Berbagai Kegiatan Akan Warnai Peringatan Hari Jadi Minsel Ke-20 Di Kecamatan Ranoyapo

by -210 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Berbagai rangkaian kegiatan akan dilaksanakan oleh Unsur Forkopimca Ranoyapo bekerja sama dengan Puskesmas Poopo dan lintas sektor Kecamatan pada Jumat 20 Januari 2023 mendatang.

Rangkaian kegiatan akan dipusatkan di Desa Beringin, Kecamatan Ranoyapo dimana salah satunya adalah kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis dari para nakes Puskesmas Poopo.

Rangkaian kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Minahasa Selatan yang acara puncaknya di peringati pada 27 Januari 2023 nanti.

Kepala Kecamatan Ranoyapo Jendri Umboh SPd, mengatakan bahwa dalam rangka menyambut dan memperingati hari jadi ke-20 Kabupaten Minahasa Selatan, maka pemerintah kecamatan Ranoyapo bekerjasama dengan unsur Forkopimca, lintas sektor terkait akan melaksanakan berbagai kegiatan dan salah satunya adalah pemeriksaan dan pengobatan gratis.

“Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat 20 Januari 2023 dan akan dipusatkan di Desa Beringin yang merupakan desa paling timur diwilayah Kecamatan Ranoyapo yang merupakan desa yang berbatasan dengan kabupaten Minahasa Tenggara,” kata Camat Jendri Umboh.

Baca juga:  Semarakkan HUT RI ke-77, Kecamatan Ranoyapo Gelar Berbagai Kegiatan

Dikatakannya pula, selain kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, adapula kegiatan lainnya berupa jalan sehat, giat penanaman pohon dalam upaya terus menggaungkan program ‘Marijo Bakobong’ didalamnya ada giat Marijo Batanam’.

Setiap desa diwilayah Kecamatan Ranoyapo, menurut Camat Jendri Umboh juga akan melaksanakan kegiatan serupa, yakni bakti sosial berupa bersih-bersih kampung, jalan sehat dan kegiatan lainnya dalam rangka mensukseskan peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Minahasa Selatan.

“Jadi selain dilaksanakan ditingkat kecamatan, ada pula kegiatan yang dilaksanakan disetiap desa, dan saya mintakan agar para kepala desa untuk ikut mensukseskan kegiatan tersebut,” ujar Jendri Umboh.

Sementara itu Kepala Puskesmas Poopo dr. Fanda Wuisan mengatakan bahwa giat baksos pemeriksaan kesehatan gratis, juga ada pelayanan screening PTM dan IVA.

Baca juga:  Rangkaian Hari Jadi Minsel, Modoinding Canangkan Gerakan Marijo Batanam

Maka dari melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut, ia mengajak warga masyarakat untuk dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

Apalagi desa Beringin dan sekitarnya seperti Desa Powalutan, jarak dengan fasilitas kesehatan seperti puskesmas terbilang cukup jauh, sehingga sangat tepat giat baksos pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di desa Beringin.

“Bagi masyarakat Kecamatan Ranoyapo terlebih yang ada di desa Beringin dan Desa Powalutan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini, dengan mengunjungi tempat kegiatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan dari para tenaga kesehatan dari Puskesmas Poopo,” ajak dr. Fanda Wuisan.

Kapolsek Ranoyapo Iptu Dedy Matahari SH juga mengatakan akan mendukung dan mensupport program kegiatan tersebut, yang tentunya akan berkolaborasi dengan pihak Koramil Motoling untuk melaksanakan pengawalan dan ikut serta dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.
(Hengly)*