44 KPM Picuan Baru Terima BLT-DD Triwulan Pertama Tahun 2023

Minsel135 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Penyerapan anggaran dana desa Picuan Baru, Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan terbilang cukup cepat, dimana telah berhasil menyerap anggaran untuk BLT-DD.

Hal tersebut dikarenakan, tahapan dan proses laporan sebagai salah satu syarat realisasi anggaran untuk BLT-DD sudah terpenuhi.

Dan sebagai tindak lanjut, serapan anggaran dana desa telah ada, maka pemerintah desa Picuan Baru langsung merealisasikannya dengan menyalurkan BLT-DD kepada para keluarga penerima manfaat.

Bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) adalah merupakan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang dianggarkan melalui dana desa, dan penetapan keluarga penerima manfaat ditetapkan melalui musyawarah desa, yang selanjutnya hasil musyawarah desa dituangkan dalam perkades tentang penetapan jumlah KPM BLT-DD.

Tindak lanjut dari telah tersedianya anggaran dana desa untuk BLT-DD, maka pemerintah desa Picuan Baru langsung melaksanakan penyaluran BLT-DD kepada para KPM, dimana penyalurannya dilaksanakan pada Kamis 4 Mei 2023 bertempat di BPU Desa Picuan Baru.

Baca juga:  82 KPM Desa Lompad Terima Manfaat BLT-DD Triwulan Ke-III
Penyaluran BLT-DD Kepada 44 KPM Picuan Baru

Penjabat HukumTua Desa Picuan Baru Flora Runtuwene SE, mengatakan bahwa sesuai hasil musyawarah desa, jumlah KPM BLT-DD Picuan Baru tahun 2023 ditetapkan sebanyak 44 KPM.

Dimana setiap KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya, dan pada penyaluran BLT-DD triwulan pertama tersebut setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000 yang merupakan kalkulasi dari Rp. 300.000 dikalikan tiga bulan.

“Hari ini kita salurkan bantuan langsung tunai dana desa kepada 44 KPM, dan untuk triwulan pertama ini setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000 yang merupakan kalkulasi dari tiga bulan dikalikan Rp.300.000,” kata Flora Runtuwene.

Kepada setiap KPM Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, penjabat HukumTua Flora Runtuwene mengajak untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan peruntukannya, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

“Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, dan pergunakan sesuai dengan peruntukannya, diharapkan dapat membantu perekonomian keluarga,” ajak Flora Runtuwene.

Baca juga:  Harits Lokas Himbau Elemen Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Buang Sampah

Dikatakan Flora Runtuwene kepada awak media transparansiindonesia.co.id bahwa untuk pagu dana desa Picuan Baru tahun 2023 berjumlah Rp. 654.924.000.

Anggaran dana desa Picuan Baru yang sebesar Rp. 654.924.000 tersebut, selain dialokasikan untuk BLT-DD, juga dialokasikan untuk kegiatan ketahanan pangan desa, pembangunan infrastruktur desa dan kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Picuan Baru tahun 2023.

Dalam rangka melaksanakan berbagai program pembangunan yang ada di desa, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat bekerja sama, bahu membahu mendukung dan mensupport program pembangunan yang ada di desa.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk marilah kita bekerjasama, mendukung dan mensupport program pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan pembangunan untuk kemajuan desa kita tercinta ini,” ujar Penjabat HukumTua Flora Runtuwene.
(Hengly)*