Pemkab Minsel Teken MoU Dengan Bank Sulutgo Tentang Pemanfaatan Aplikasi Kasda Online

Minsel118 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara melakukan perjanjian kerjasama bersama PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank Sulutgo).

Penanda-tanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH bersama dengan perwakilan BPKP dan Dirut PT. Bank Sulutgo Revini Pepah di Kantor Bank Sulutgo pusat pada Rabu 24 Mei 2023.

Adapun penanda-tanganan MoU tersebut terkait pemanfaatan aplikasi kas daerah secara online dengan aplikasi Financial Management Information System (FMIS)/SIMDA next generation, dalam rangka peningkatan pelayanan pengelolaan keuangan pemerintah.

Dirut PT. BPD Sulutgo Revini M. Pepah dalam sambutannya menyampaikan terima-kasih kepada pemerintah kabupaten Minahasa Selatan atas kepercayaannya kepada PT. Bank Sulutgo untuk mengelola transaksi keuangan pemerintah daerah dengan menggunakan aplikasi FMIS.

Dimana nantinya untuk transaksi-transaksi keuangan pemerintah daerah akan dijembatani oleh aplikasi Kasda online dari Bank Sulutgo.

Dirut Bank Sulutgo Revini Pepah juga memohon bantuan dari pemerintah kabupaten Minahasa Selatan untuk membantu ikut membesarkan Bank Sulutgo.

Revini Pepah juga mengajak komitmen untuk tetap menjalankan kerjasama yang telah disepakati dengan sebaik-baiknya, dan nantinya apabila terdapat kekeliruan dikemudian hari akan segera dilakukan perbaikan.


Sementara itu, kepala BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring mengatakan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Minahasa Selatan atas kerja keras selama ini dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Terkait MoU yang baru disepakati dan ditanda-tangani tersebut, Beligan Sembiring mengatakan bahwa apa yang telah dilaksanakan tersebut merupakan bentuk formal kerja sama, namun yang lebih penting adalah pelaksanaannya dalam kegiatan sehari-hari.

Dan harapan pula nantinya akan dapat memperlancar tata kelola keuangan di pemerintah daerah.

“Kiranya Aplikasi ini dapat mempermudah transaksi-transaksi keuangan baik secara pribadi maupun kedinasan dan pembayaran terkontrol pada penerima yang tepat, kiranya kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah dalam tata kelola keuangan daerah tentunya,” ujar Sembiring.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Minsel, bersama PT. Bank Sulutgo adalah mitra sejajar yang nantinya akan bersinergi dan bekerja sama dalam hal pengelolaan keuangan daerah, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Minahasa Selatan dan Sulawesi Utara pada umumnya.

Selanjutnya, Bupati Franky Donny Wongkar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPKP Sulut atas bantuan dan dukungan yang diberikan sehingga predikat opini WTP atas pengelolaan keuangan daerah tahun 2022 berhasil diraih oleh Pemkab Minsel.
(Hengly)*
Sumber/Kominfo Minsel.