Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Selesai, NVM Segel Kursi Ke-5 Di Dapil III Minsel

Minsel188 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan umum tahun 2024 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan.

Begitupun dengan kecamatan-kecamatan yang masuk pada daerah pemilihan (dapil) III Minsel yang meliputi Kecamatan Tompasobaru, Maesaan dan Modoinding.

Dengan selesainya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ditingkat kecamatan, tentunya pula para saksi partai politik telah mengantongi hasil suara dari masing-masing parpol dan Caleg.

Dan salah satu Caleg yang berhasil menjadi Caleg terpilih untuk duduk di DPRD Minsel, adalah Srikandi pendatang baru dari partai Nasdem, yakni Novita Violeta Maramis S.Ak (NVM).

Novita Violeta Maramis, berhasil mengunci kursi ke-lima (ke-5) di Dapil III Minsel dari jatah 5 kursi yang ada di Dapil III Minsel.

Novita Violeta Maramis, menjadi peraih suara terbanyak di internal Caleg partai Nasdem.

Sementara, suara total partai Nasdem secara keseluruhan berhak atas satu kursi di DPRD Minsel dari dapil III Minahasa Selatan.

Partai Nasdem di Dapil III Minsel, dalam pemilu 14 Februari 2024 lalu mendapatkan jumlah suara total sebanyak 2.630 suara.

Dan dengan menggunakan penghitungan secara Sainte Lague, dengan pembagian di angka ganjil yakni 1, 3, 5, 7, 9 dan seterusnya, suara partai Nasdem berhak atas kursi ke-5 atau kursi terakhir di Dapil III Minsel.

Baca juga:  Dilantik Ketua DPC, NVM Siap Besarkan Nasdem Di Tompasobaru

Novita Violeta Maramis, ketika dihubungi melalui telepon selulernya oleh awak media ini, mengatakan bahwa partai Nasdem di Dapil III Minsel berhasil meraih satu kursi di DPRD Minsel.

Hal tersebut, dikatakannya berdasarkan DA1 yang didapatkan saksi partai pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 tingkat kecamatan, dan yang ada di tiga kecamatan di Dapil III Minsel.

“Pleno rekapitulasi penghitungan suara ditingkat kecamatan telah usai, dan saksi parpol termasuk saksi dari partai Nasdem telah mengantongi hasilnya, dimana partai Nasdem mengantongi total suara keseluruhan berjumlah 2.630 suara untuk Caleg Kabupaten, jumlah tersebut sangat cukup untuk kita mengunci kursi ke-lima di dapil III Minsel untuk DPRD Minsel,” ujar NVM.

Dari media center ‘Tamang NVM’ juga telah mengantongi jumlah suara dari partai lainnya, terutama untuk partai-partai besar yang ada di Dapil III Minsel, seperti PDI-P, Golkar dan Gerindra.

Dan dari data yang ada di media center ‘Tamang NVM’ PDI-P menguasai dengan meraih tiga (3) kursi, dan Golkar satu (1) kursi, sedangkan Nasdem satu (1) kursi.

Dengan metode penghitungan Sainte Lague, untuk kursi pertama adalah PDI-P, kursi kedua adalah Golkar, kursi ke-tiga adalah PDI-P, kursi keempat PDI-P, dan kursi ke-lima atau terakhir disegel partai Nasdem.

Baca juga:  FER, SMR, PSR dan NVM Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Di Lowian Satu

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 tingkat kecamatan, dan khususnya di dapil III Minsel, PDI-P berhasil mengantongi suara total sebanyak 13.824, Partai Golkar mendapatkan 5.395 suara, Partai Nasdem mengantongi 2.630 suara, dan partai Gerindra mendapatkan total suara sebanyak 2.072.

Dengan perolehan suara dari masing-masing parpol di dapil III Minsel, berdasarkan hasil DA1 yang didapat saksi parpol pada pleno rekapitulasi penghitungan tingkat Kecamatan, maka untuk komposisi Caleg terpilih di Dapil III Minsel adalah sebagai berikut;

1. Stefanus Lumowa (PDI-P)
2. Jones Kaseger (Golkar)
3. Donny Walean (PDI-P)
4. Jhonly Ombeng (PDI-P)
5. Novita Violeta Maramis (Nasdem)

Dengan hasil yang didapat tersebut, berdasarkan DA1, Novita Violeta Maramis mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan oleh karena kerinduan dirinya mengabdikan diri kepada masyarakat melalui kursi legislatif bisa tercapai.

Begitupun, ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mensupport dan mendukung dirinya baik dukungan doa maupun dukungan suara yang telah memilih dirinya pada Pileg 2024 untuk Caleg DPRD kabupaten Minahasa Selatan.
(Hengly)*