Jabat Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko Siapkan Strategi Tangkal Hoax

by -169 views

Jakarta/transparansiindonesia.com –  Dilantik menjelang tahun politik Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sudah mempersiapkan cara agar bisa meminimalisir hoaks yang diprediksi akan semakin kencang menimpa pemerintahan khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Moeldoko mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan lembaga-lembaga terkait untuk bisa menangkal dan mencegah penyebaran hoax. Misalnya saja, melalui Badan Intelijen Negara (BIN) atau Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“KSP bersifat koordinatif lintas sektoral, jadi semua yang didapatkan akan diselaraskan dengan keinginan Bapak Presiden, sehingga KSP bisa mengkomunikasikan potensi-potensi sebuah lembaga khususnya di BIN dan BSSN. Semua digunakan untuk kepentingan itu,” kata Moeldoko di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Apalagi, kata Moeldoko, saat ini pemerintah sudah memiliki BSSN yang memang dibentuk khusus untuk mengatasi kejahatan siber. “Presiden kan baru lantik BSSN, itu nanti dialah yang bekerja maksimal tangkal itu,” jelasnya.

Baca juga:  Terkait Siswi di DO dari Sekolah Gegara Hina Palestina, Ketua Umum PDRIS Siap Kirim Sekolah Ke USA dan Jerusalem Israel

Tahun 2018 hingga 2019 nanti memang menjadi tahun politik. Berselang Pilkada serentak yang diselenggarakan di 171 daerah di Indonesia selesai, pada pertengahan tahun 2018 pun langsung disambut dengan pendaftaran Pilpres.

Presiden Ingin Perkuat Kebhinekaan

Berkali-kali Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tidak terpecah belah hanya karena perbedaan politik. Presiden mengingatkan, di tahun politik masyarakat harus mampu menguatkan kebhinekaan yang menjadi ideologi bangsa.

“Karena kedewasaan politik kita, karena kematangan politik kita, insyaallah dalam memasuki tahapan-tahapan Pilkada ini kita bersama-sama menjaga dan memelihara kesatuan kita. Jangan sampai karena perbedaan pilihan politik antarteman menjadi pecah. Tidak boleh!” ujarnya saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang, Senin (8/1/18).

Baca juga:  PGLII: USUT TUNTAS KASUS PEMBUNUHAN 4 WARGA GEREJA DI DESA KALIMAGO NAPU, KECAMATAN LORE, KABUPATEN POSO, SULAWESI TENGAH

Moeldoko sendiri ditunjuk menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Kantor Staf Presiden. Presiden melantik Moeldoko pada Rabu (17/1/2018) lalu di Istana Merdeka, Jakarta.       (red/TI)*