Bupati Tetty Paruntu Lantik Denny Kaawoan Sebagai Sekda Minsel, Gantikan Rindengan yang Masuki Masa Pensiun

by -417 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, bertempat di ruang rapat lantai IV Kantor Bupati Minsel, pada Senin (15/10), melantik Denny Kaawoan SE.MSi, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Selatan, menggantikan Drs Danny Rindengan MSi, yang memasuki masa purna tugas (masa pensiun).

Suasana haru, ketika surat keputusan presiden mengenai masa pensiun dari Drs Danny Rindengan dibacakan, tak luput banyak yang hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut berlinang airmata, dikarenakan sosok dari seorang Drs Danny Rindengan merupakan sosok yang sangat dekat dengan siapa saja.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP), dalam sambutannya mengatakan, bahwa proses penetapan Denny Kaawoan SE.MSi sebagai Sekretaris Daerah Minahasa Selatan yang baru menggantikan Drs Danny Rindengan MSi, sudah melalui tahapan dan mekanisme seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Minsel, dimana seleksi terbuka ini sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014, tentang ASN, yang mengamanatkan bahwa seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama harus terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, integritas dan persyaratan lainnya, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.


“Saya telah membentuk panitia seleksi, dalam rangka proses seleksi calon Sekda Minsel dimaksud, dimana sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 13 tahun 2014, tentang tata-cara pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), pembentukan panitia seleksi tersebut, saya selaku pembina kepegawaian, membentuk panitia yang terdiri dari unsur Akademisi, unsur Pejabat Pemprov Sulut, yang dibantu oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Minahasa Selatan,” kata Bupati CEP.

Baca juga:  Hadiri Rakorev Provinsi Sulut, Bupati Tetty Paruntu Laporkan Hasil RKPD Minsel 2018

Bupati Tetty Paruntu, mengingatkan agar Denny Kaawoan sebagai Sekda Minsel yang baru, untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sebagai sekretaris daerah kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka memdukung dan mewujudkan tata-kelola pemerintahan yang baik.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yang ditekankan Bupati Tetty Paruntu kepada Denny Kaawoan dalam menjalankan tugasnya sebagai Sekda Minsel, yakni;

1. Tingkatkan disiplin pegawai negeri sipil (PNS), lakukan upaya untuk menyeimbangkan antara kesejahteraan dan sanksi bagi PNS (reward and punishment), dan mendaya-gunakan semua potensi PNS yang dimiliki denga prinsip Birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat asas.

2. Kembangkan sistim pengelolaan keuangan daerah yang bail dan benar, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga opini WTP dari BPK-RI dapat dipertahankan.

3. Bangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan Forkopimda, dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam membangun bersama kabupaten Minahasa Selatan tercinta.

“Citra Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan akan sangat banyak ditentukan oleh Sekretaris Daerah dalam melaksanakan tugasnya, untuk itu saya minta Saudara Denny Kaawoan SE.MSi, dapat menghayati peran dan fungsi Sekda, dalam melaksanakan tugas kedepan, dan memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan,” tambah Bupati Cantik yang cerdas dan inovatif ini.

 

Kepada Drs Danny Rindengan MSi, Bupati Tetty Paruntu dan segenap jajaran Pemkab Minsel, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas kerja, jasa, dan Karya pengabdian, kepada Minahasa Selatan, terlebih ketika menjabat sebagai Sekdakab Minsel. Bupati Tetty Paruntu juga mengucapkan terima kasih kepada Ny Netty Rindengan-Ombeng atas pengabdian mendampingi suami, serta sebagai Ketua Dharma Wanita Minsel, dan semoga Tuhan Yesus sumber segala berkat, akan selalu memberkati keluarga, dalam karya dan pengabdian selanjutnya.

Baca juga:  Bupati CEP; "Hayati dan Maknai Minggu Sengsara dengan Sesungguhnya"

Bupati Tetty Paruntu menambahkan bahwa hari ini (Senin 15/10 -red) merupakan hari bersejarah bagi Danny Rindengan MSi, dimana telah menerima SK pensiun PNS, serta juga menerima kenaikan pangkat dari pemerintah, setelah kurang lebih 37 tahun mengabdi kepada negara, dan dihari ini memerima SK Pensiun dengan jabatan terakhir sebagai Sekda Minsel.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara Denny Kaawoan SE.MSi sebagai Sekretaris Daerah Minahasa Selatan, dal laksanakan tugas dan tanggung-jawab, serta kepercayaan yang diberikan. Juga disampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Drs Danny Rindengan MSi, atas jasa dan karya pengabdian bagi Kabupaten Minahasa Selatan”. Tutup Bupati Tetty Paruntu.

Kegiatan pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan sekda minsel ini, dihadiri oleh Perwakilan dari Pemprov Sulut, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, unsur Forkopimda Minsel, Para Kepala SKPD, dan para Camat se-Minsel, Ketua MD-GPdI Sulut Pdt Ny Yvvone Awuy-Lantu, Ketua PMI Minsel Pnt dr.Michaela Elsiana Paruntu MARS, Ketua KONI Minsel James Kojongian ST.MM, serta para tamu undangan lainnya.

(Hengly)*