Dukcapil Minsel Gelar Launching KIA

by -948 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Melalui Dinas Keoendudukan dan Catatan Sipil melaksanakan Launching Kartu Identitas Anak (KIA) yang diperuntukan bagi anak di bawah usia 17 tahun.

Kegiatan Launching KIA tersebut digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, pada Rabu 17 Oktober 2018 dan dihadiri oleh Sekda Denny Kaawoan, mewakili Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan Corneles Mononimbar MM, mengatakan kegiatan launching ini, dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai fungsi dan manfaat KIA, dimana fungsinya sama dengan KTP bagi orang dewasa, tapi ini diperuntukan bagi anak-anak dibawah usia 17 tahun.

Baca juga:  Moment Hari Jadi Minsel ke-16 Tahun, Bupati CEP Ajak Warga Terus Berkarya dan Menjadi Berkat

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya GISA yakni memberikan kesadaran bagi warga Minahasa Selatan tentang betapa pentingnya adminstrasi dan surat-surat dalam keluarga, seperti Kartu Keluarga, KTP, Akte-akte, dan surat-surat keluarga lainnya,” kata Mononimbar.


Ia pun mengharapkan partisipasi aktif dari para warga terlebih orangtua yang memiliki anak dibawah usia 17 tahun, untuk membuat KTP anak tersebut, untuk kepentingan-kepentingan anak-anak itu tersendiri.

“Jadi syarat mengurus KIA, orangtua datang ke Kantor Dukcapil Minsel, dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga dan Akte Lahir Anak, serta pasfoto anak, dan nantinya akan langsung diproses, karti identitas anak tersebut, mari kita sadar administrasi kependudukan, lengkapi surat-surat keluarga anda,” jelas Corneles Mononimbar.

Acara Launching KIA tersebut ditandai dengan penyerahan KIA kepada anak-anak yang hadir dalam acara tersebut.
Sementara itu Kepala Bidang Dafduk Minsel Jene Vivi Setlight, mengatakan bahwa bidangnya siap menerima proses pembuatan KIA dan kartu Keluarga serta KTP, jadi ayo.. daftarkan anak anda untuk mendapatkan KIA.

Baca juga:  Jalan Desa Lowian-Temboan Di Hotmix, Warga :"Terima Kasih Bupati CEP & Wabup FDW"

“Ayo daftarkan KIA anak anda, dan apabila sudah didaftar dengan persyaratan yang lengkap akan langsung kita proses, agar supaya KIA langsung terbit, Mari masyarakat Minsel kita dukung Program GISA,” ajak Kabid Dafduk Vivi Setlight.

Hadir dalam kegiatan Launching KIA tersebut, Sekda Minsel Denny Kaawoan, Kadis Capil Corneles Mononimbar, Bersama oegawai dan staf Disdukcapil Minsel, anak-anak dibawah Usia 17 tahun, yang didampingi para orangtua.

(Hengly)*