Siap-siap, ASN Harus Bersedia Ditempatkan Dimana Saja di Wilayah NKRI

by -399 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Dimasa yang akan datang, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap ditempatkan dimana saja diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hal ini penting untuk meningkatkan peran ASN sebagai perekat bangsa.

Setelah era reformasi, khususnya setelah berlakunya otonomi daerah, cakupan kerja para ASN cenderung terpaku pada daerahnya masing-masing. Kedepan, rekrutmen untuk pengisian jabatan setingkat eselon 1 dan eselon 2 akan bersifat nasional dengan wilayah kerja yang tidak terpaku pada daerah asal.

“Dengan sistem seperti ini, ASN akan menjadi perekat bangsa,” kata Wapres Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden, Selasa, (11/12).

Selain itu dengan alasan serupa Wapres juga meminta agar setelah lulus, para Praja IPDN ditempatkan di daerah selain daerahnya asalnya. “Agar ASN dapat mempersatukan bangsa,” ujar Wapres JK.

Baca juga:  Wartawan Memang Perlu Disupport Karena Wartawan Itu Penting, Hari-hari Ini Dan Saya Berharap Untuk Semua Eartawan-wartawan Kristiani Mari Bangun Suasana Yang Nyaman

Diacara pembukaan Rakernas Ombudsman RI, Wapres Kemudian berpesan agar penggawa lembaga pengawas penyelenggaraan pelayanan publik tersebut terus meningkatkan profesionalisme dan kapasitasnya.

“Pengawas harus lebih pintar darioada yang diawasi, karena begitu banyak perubahan yang terjadi. Untuk itu, pegawai Ombudsman RI harus banyak membaca dan belajar terus menerus,” ucap Wapres Jusuf Kalla.

Selain itu lanjutnya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, OmbudsmanRI harus hadir sebagai lembaga yang menawarkan solusi bagi semua pihak dengan semangat melayani tanpa maladministrasi.

Sebelumnya, dalam laporannya, Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai menyampaikan bahwa Rakernas tahun ini mengambil tema ‘Mendorong Penguatan Kelembagaan Ombudsman RI sebagai Lembaga Pengawas yang Berwibawa,, Efektif, dan Adil. Rakernas ini, lanjut Rifai bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan dan capaian Kinerja lembaga pada tahun 2018, membahas isu-isu strategis, dan mempersiapkan kegiatan ditahun 2019.

Baca juga:  Begini Tanggapan Anies Soal Video Viral Dicegat Paspampres

Rakernas Ombudsman RI berlangsung dari 10 Deaember hingga 14 Desember 2018, dengan agenda antara lain, penyerahan penghargaan kepatuhan pelaksanaan UU nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Lokakarya ‘Kemudahan Berusaha’ serta beberapa forum dengan narasumber Menteru Keuangan, Men PAN-RB, Menteri BPPN/Kepala Bappenas.

 

Hadir mendamping Wapres pada acara tersebut, Plt Deputi Dukungan Kebijaka Pemerintahan Guntur Iman Nefianto, Deputi Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Ketua tim ahli Wapres Sofjan Wanandi, staf khusus bidang komunikasi dan informasi Husain Abdulah, dan staf khusus Wapres bidang penanggulangan kemiskinan dan OTDA Syahrul Udjud.

 

(red)*