Tetty Paruntu; “Minsel Sehat dan Bersih Dimulai dari Desa Arakan”

by -373 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Bupati Minahasa Selatan, DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, mengatakan pencanangan Minsel Bersih, Bebas Sampah Dimulai dari Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, hal tersebut disampaikan Bupati cantik tersebut disela-sela menghadiri kegiatan dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang dilaksanakan di Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan pada Senin, 04 Maret 2019.

Sesuai dengan Tema HPSN 2019 ‘Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai’
Dalam sambutannya pun Bupati Tetty Paruntu mengatakan sangat mengapresiasi Balai Taman Nasional Bunaken bersama dengan Forkopimca Tatapaan serta dari berbagai elemen masyarakat, yang menginisiasi akan kegiatan bersih-bersih sampah di Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan.


“Saya sangat mengapresiasi akan kegiatan ini, dan melalui moment peringatan HPSN 2019, saya memcanangkan Minsel Bersih dimulai dari Desa Arakan, mari kita kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai,” kata Bupati dengan segudang prestasi tersebut.

Baca juga:  GPT Polres Minsel, Diapresiasi Kapolda Sulut

Dikesempatan kegiatan tersebut, Bupati Tetty Paruntu menyampaikan agar disetiap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, kerohanian ataupun kegiatan yang melibatkan banyak orang, untuk mengurangi penggunaan bahan plastik, dan menggantinya dengan tumbler, dalam rangka untuk mengendalikan sampah plastik.

“Mari kita wariskan kepada anak cucu kita akan kesegaran udara, dan indahnya ciptaan Tuhan, jangan kita merusak masa depan anak-cucu kita dengan kerusakan lingkungan, serta sampah-sampah yang berserakan dimana-mana,” tambah Bupati Tetty Paruntu yang adalah Ibunda dari Caleg DPR-RI, Adrian Jopie Paruntu.

Tetty Paruntu pun mengatakan dengan tegas, bahwa kita sebagai warga masyarakat, sebagai Makhluk Hidup yang termulia ciptaan Tuhan, harus memiliki prinsip dan harus kita tanamkan bahwa kita malu apabila membuang sampah sembarangan, kita harus membangun gaya hidup bersih, sehat dengan tidak membuang sampah semabarangan, tapi buanglah sampah pada tempatnya, dan kelolalah sampah untuk menjadi suatu yang bernilai.

Baca juga:  Berhasil Majukan Koperasi di Minsel, Bupati CEP Terima Penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM, dan Terbaik Se-indonesia

“Budaya Malu Membuang Sampah sembarangan sudah harus tertanam dalam pribadi kita masing-masing,” tambahnya.


Bupati Tetty Paruntu bersama Kepala Balai Taman Nasional Bunaken DR.Fariana Prabandasari S.Hut.MSi serta unsur Forkopimda dan elemen masyarakat, langsung action dengan turun langsung membersihkan sampah-sampah yang berserakan ditepi Desa Arakan.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu SE, Kepala Balai TNB, DR.Fariana Prabandasari S.Hut.MSi, Camat Tatapaan Meylisa Aring, unsur Forkopimda Tatapaan, HukumTua se-Kecamatan Tatapaan, Pengurus dan Anggota Kelompok Siaga Bencana Masyarakat, Posko Swara Parampuang, beberapa Kepala SKPD Pemkab Minsel, Adrian Jopie Paruntu, Ketua KONI Minsel James Artur Kojongian ST.MM, serta warga masyarakat Desa Arakan dan sekitarnya.

Dikesempatan tersebut juga Bupati Tetty Paruntu membagikan buku kepada anak-anak sekolah yang ada di Desa Arakan.

(Hengly)*