Jokowi Sesalkan Pernyataan Amien Rais yang Sebut Akan Gunakan Kekuatan Massa jika Ada Kecurangan Pemilu

Nasional6 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Apalagi, pemilu juga sampai saat ini masih berproses. Jokowi heran kenapa Amien Rais sudah mengeluh soal masalah kecurangan.

JOKO Widodo calon presiden nomor urut 01 menyesalkan pernyataan politisi senior Partai Amanat Nasional Amien Rais yang menyebut akan menggunakan kekuatan massa jika ada kecurangan pemilu.

Jokowi meminta Amien Rais tak menggunakan cara yang menakut-nakuti.

“Jangan gini lah. Jangan menekan dengan cara menakut nakuti rakyat, pemerintah. Semuanya ada mekanismenya. Ada UU-nya, ada aturan hukumnya,” kata Jokowi di Sorong, Senin (1/4/2019).

Jokowi mempersilakan Amien melaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) apabila menemukan dugaan kecurangan dalam pemilu.

Jika kecurangan itu terkait unsur pidana, maka capres petahana itu menyarankan Amien melapor ke kepolisian.

“Mekanismenya kan itu. Ini pesta demokrasi. Harusnya senang gembira. Jangan menakut nakuti orang yang sedang gembira,” kata dia.

Apalagi, pemilu juga sampai saat ini masih berproses. Jokowi heran kenapa Amien Rais memgeluh soal kecurangan

“Pemilunya saja belum kok sudah teriaknya seperti itu,” kata Jokowi.

People Power

Sebelumnya, Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Amien Rais, menyebut, tak akan membawa sengketa hasil pemilu ke MK jika menemukan potensi kecurangan.

Baca juga:  Menkopolhukam Wiranto, Terima Kunjungan Ketua PPGI Beserta Rombongan

Langkah itu dinilai Amien tidak berguna.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK. Nggak ada gunanya, tapi kita people power. People power sah,” ucap Amien Rais di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019), seperti dikutip Tribunnews.com.

“Bukan revolusi, kalau revolusi ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer, people power akan digunakan,” tandasnya.

 

(red)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *