Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah Kabupaten Minsel Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Minsel53 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, melalui Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah mengelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, yang diselenggarakan di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, pada Kamis, 16 Mei 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Assisten 1 Setdakab Minsel Drs.Handri Sondakh mewakili Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten 1 Handri Sondakh, Bupati Tetty Paruntu menyampaikan sangat mengapresiasi akan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, dimana sesuai dengan RPJMD Kabupaten Minsel tahun 2016-2021, yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berdaya-saing.

“Kegiatan ini sangat bagus, dalam program pengembangan budaya membaca, sesuai dengan Tema ‘Perpustakaan Cerdaskan Bangsa, Wujudkan Masyarakat Gemar Membaca Menuju Minsel Hebat dan Terdepan’, diharapkan budaya gemar membaca sejak dini, akan terus ada dalam setiap warga Minahasa Selatan,” kata Bupati Tetty Paruntu dalam sambutannya.

Baca juga:  Ketua Dekab Minsel Lakukan Reses Di Kecamatan Amurang Barat

Bupati Tetty pun mengatakan dengan adanya kegiatan lomba seperti ini, akan lebih banyak lagi anak-anak termotivasi untuk menumbuh-kembangkan kegemaran membaca, sehingga kegiatan memelihara dan melindungi koleksi atau bahan pustaka tidak mengalami penurunan nilai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dalam jangka waktu yang panjang. Sejalan dengan itu diharapkan anak-anak Minsel akan mampu berkompetisi dilevel yang lebih tinggi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Lucki Tampi mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan ini, adalah untuk menumbuhkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan, dan juga menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah, serta menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara, khususnya daerah Minahasa.

Baca juga:  Kecamatan Maesaan Laksanakan Musrenbang

“Untuk pemenang dalam kegiatan lomba ini, nantinya akan mewakili Kabupaten Minahasa Selatan, dalam lomba serupa ditingkat Provinsi Sulawesi Utara, yang rencananya akan digelar pada bulan Juni,” kata Kepala Dinas Lucki Tampi.

Berikut daftar Juara dalam kegiatan Lomba Bercerita, ditingkat Kabupaten Minahasa Selatan;

Juara 1 : Vanesa Aleng (SD Inpres Mopolo)

Juara II : Serafim Winerungan (SD 2 Amurang)

Juara III : Grasela Mongkareng (SD Inpres Kawangkoan Bawah)

Harapan 1 : Alkifan Mondoringin (SD Inpres Mopolo)

Harapan II : Lira Sumarab (SD GMIM Pondang)

Harapan III : Jeselin Egeten (SD Inpres Kawangkoan Bawah).

(Hengly)*