Hadir dalam Resepsi Pesta Nikah, Micha Paruntu Apresiasi Kearifan Lokal Masyarakat Lowian Raya

by -565 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Ketua Komisi Pelayanan Remaja Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (KPRJ-GMIM) Pnt.dr.Michaela Elsiana Paruntu MARS, menghadiri acara resepsi Nikah di Desa Lowian Satu, Kecamatan Maesaan, pada Sabtu, 29 Juni 2019.

Acara resepsi Nikah tersebut merupakan anak dari Ketua Komisi Pelayanan Remaja Jemaat GMIM ‘Zaitun’ Lowian, Pnt.Berty Rori SPd. Dimana yang Menikah yakni Bripda Rio Blasius Djeramu dengan Injiliawaty Rori S.Kep.

Hadir dalam acara tersebut, Micha Paruntu (sapaan akrabnya -red) didaulat membawakan sambutan dan memberikan wejangan kepada kedua mempelai.


Dalam sambutannya, Micha Paruntu sangat mengapresiasi akan kearifan lokal yang ada di Masyarakat Desa Lowian Raya (Desa Lowian dan Lowian Satu), dimana budaya Mapalus yang sangat kental dan terus dipertahankan sampai saat ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi akan kearifan lokal masyarakat Desa Lowian dan Lowian Satu, dimana dalam acara resepsi Pernikahan budaya saling baku-bantu atau Mapalus sangat jelas terlihat, dan ini harus terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan dan diwariskan kepada anak-cucu kita,” kata Micha Paruntu yang juga merupakan Ketua PMI-Minsel.

Baca juga:  Harits Lokas; "Terima Kasih Pak Dandim, Sudah Berkunjung ke Modoinding"

Dikesempatan tersebut juga Micha Paruntu sangat kagum dengan apa yang dilihat dalam ruangan Pesta Nikah tersebut, dimana ketika memasuki rumah tangga yang baru, kedua mempelai sudah mendapat alat-alat rumah-tangga atau perkakas yang diperlukan dalam kehidupan berumah-tangga.

Hal tersebut merupakan kearifan lokal atau budaya masyarakat Desa Lowian, dimana ketika ada anak gadis yang akan menikah, maka keluarga dari anak gadis tersebut akan memberikan berbagai macam alat-alat rumah-tangga, mulai dari alat-alat yang diperlukan didapur hingga alat rumah-tangga lainnya.

“Saya merasa sangat kagum dengan apa yang ditunjukan oleh warga masyarakat desa Lowian, dimana keluarga baru, ketika memasuki rumah-tangga yang baru, sudah mendapatkan modal pertama berupa alat-alat rumah tangga, sungguh suatu kearifan lokal yang unik, dan ini menjadi satu-satunya di Minsel, sangat bangga jika ada lelaki yang menikah dengan anak gadis dari Desa Lowian,” tambah Micha Paruntu yang juga sebagai Ketua ITLMS (Ikatan Toar-Lumimuut Minahasa Selatan.

Baca juga:  Golkar Minsel Gelar Rapat Konsolidasi, MEP; "Mari Kita Wujudkan Visi Triple-M"


Kepada kedua belah pihak keluarga, Micha Paruntu mengucapkan banyak selamat dan selamat bersyukur, serta kepada kedua mempelai Micha mengatakan agar mampu menjadi keluarga kristen yang mampu diteladani, dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan berjemaat, hidup selalu berdasarkan ajaran kristus, patuh terhadap pemerintah dan menjadi keluarga yang dibanggakan.

“Kepada keluarga yang baru terbentuk, Keluarga Djeramu-Rori, selamat bersyukur, dan jadilah keluarga kristen yang patut diteladani, baik itu dalam lingkup keluarga, bermasyarakat dan kehidupan berjemaat, selamat bersyukur, selamat berbahagia, kepada kedua rumpun keluarga, terlebih kepada keluarga yang baru terbentuk,” tambah wanita cantik tersebut, yang juga digadang-gadang sebagai calon bupati Minsel tersebut.

Hadir pula dalam acara resepsi nikah tersebut, Anggoat Dewan Kabupaten Minsel dari Partai Golkar Steva Waleleng SE, Wakapolsek Tompasobaru IPDA Rani Rorong SE, Pejabat HukumTua Lowian Satu Juliastin Lamusa SKM, HukumTua Dess Lowian Rudy Kawengian SPi, Pejabat HukumTua Desa Kinamang Donny Rumondor, Ketua Remaja Rayon Minsela Pnt Nevy Pangalila, serta tamu undangan lainnya.

(Hengly)*