Hadiri HUT ke-48 Desa Kapitu, Bupati CEP; “Pemerintah Desa Harus Proaktif Membangun Desa”

by -205 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Desa Kapitu, Kecamatan Amurang Barat, pada Rabu 7 Agustus 2019, menggelar Ibadah Syukur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Desa yang ke-48.

Ibadah syukur tersebut dihadiri oleh Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE bersama jajaran Pemkab Minsel.

Desa Kapitu menurut HukumTua Chrsity Kumambong berasal dari bahasa Tountemboan yang berarti Buah Labu, yang dibawa oleh bangsa Spanyol, hal tersebut tertuang dalam sejarah desa yang dibacakannya.

Semarak HUT Desa Kapitu, juga digelar berbagai rangkaian kegiatan, untuk semakin memeriahkan peringatan HUT ke-48 Desa Kapitu.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP), dalam sambutannya mengatakan agar pemerintah desa harus proaktif dalam membangun desa, baik itu pembangunan infrastruktur seperti jalan desa, drainase, air bersih, lampu jalan dan infrastruktur desa lainnya, serta juga pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca juga:  Optimalkan PAD, Bapenda Sulut Gelar Sosialisasi PKB dan BBN-KB di Motoling

“Saya mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah desa untuk lebih proaktif dalam membangun desa, baik itu pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM untuk kesejahteraan warga masyarakat,,” kata Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Dikesempatan tersebut Bupati kharismatik ini mengatakan agar warga Minsel untuk mampu menangkal berita-berita hoax, apalagi menyerang pimpinan daerah sebab seorang pemimpin suatu daerah adalah simbol daerah, jadi warga masyarakat dimintanya untuk mampu menangkal dan menolak segala berita hoax.

“Saya tidak anti kritik, tapi jangan menyebar hoax yang beritanya belum tentu benar, saya akan menerima kritikan asalkan kritik yang membangun daerah dan bisa dipertanggung-jawabkan,” tambah Bupati CEP.

Bupati Tetty Paruntu seusai menghadiri Acara HUT Desa Kapitu, juga mengunjungi Dua Sekolah di Kecamatan Amurang Barat, yang dilanda Kebakaran serta langsung menginstruksikan kepada Instansi terkait untuk menyalurkan bantuan kepada Kedua sekolah yang dilanda kebakaran tersebut.

Baca juga:  Satpol-PP Minsel Patroli ke Tempat Keramaian, Sosialisasikan Penularan Covid-19

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat Minahasa Selatan, sehubungan dengan saat ini wilayah kita dilanda musim kemarau yang disertai dengan angi kencang, saya menghimbau untuk mewaspadai potensi-potensi terjadinya kebakaran, jangan membuang puntung rokok sembarangan, jangan melakukan pembakaran lahan untuk membersihkan kebun, selalu periksa instalasi listrik dalam rumah, serta berbagai potensi lainnya yang bisa memicu terjadinya kebakaran,” Himbau Bupati Cantik tersebut yang telah dua periode memimpin Kabupaten Minsel.

Hadir dalam acara HUT ke-48 Desa Kapitu, diantaranya Camat Amurang Barat, beberapa kepala SKPD, para Mantan HukumTua Desa Kapitu, serta warga masyarakat Desa Kapitu.

(Hengly)*