Lomba ‘Memungut Sampah Plastik’ Warnai Peringatan HUT RI ke-74 di Kecamatan Kumelembuai

Minsel59 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Satu hal positif ditunjukan dan diwujud-nyatakan oleh Pemerintah Kecamatan Kumelembuai, dalam hal kepedulian dan kelestarian serta keindahan lingkungan.

Dalam rangkaian peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kecamatan Kumelembuai melalui Panitia HUT RI ke-74 Kecamatan Kumelembuai, melaksanakan lomba ‘Memungut Sampah Plastik’.

Kegiatan lomba yang diselenggarakan di kompleks Lapangan tempat dilaksanakan Upacara Bendera, diikuti oleh para siswa-siswi SD dan SMP di Kecamatan Kumelembuai.

Lomba tersebut disambut antusias oleh anak-anak Siswa SD dan SMP, sehingga dengan semangatnya mereka memungut sampah dilokasi tersebut dan dimasukan ke dalam kantong plastik lalu dikumpulkan.

Camat Kumelembuai Michael Waworuntu SSTP mengatakan bahwa kegiatan lomba tersebut dilaksanakan sebelum upacara penurunan bendera, dan disambut dengan amtusias oleh oara siswa, terbukti dengan banyaknya anak-anak SD dan SMP mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga:  Jabatan 4 Kapolsek Disertijabkan, Kapolres Ingatkan Jalin Sinergitas

Ditambahkannya pula, bahwa melalui kegiatan ini, juga menjadi sarana pembelajaran bagi Generasi Muda Minahasa Selatan, khususnya Germud Kumelembuai untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh anak-anak Siswa SD dan SMP, yang memungut Sampah Plastik.

“Kegiatan ini pula menjadi media pembelajaran yang efektif bagi Generasi Muda untuk dapat terus menjaga dan melestarikan kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar, dan bebas dari sampah plastik,” kata Camat Michael Waworuntu.

Dihimbaunya pula bagi warga masyarakat Kumelembuai untuk perbiasakan tidak menggunakan bahan sekali pakai dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, baik itu acara-acara suka maupun duka, guna meminimalisir meningkatnya volume sampah plastik.

“Saya mengajak kita semua, warga masyarakat Kumelembuai untuk perbiasakan jangan menggunakan bahan sekali pakai, seperti Styrofoam, minuman air mineral dalam kegiatan-kegiatan ataupun acara yang melibatkan banyak orang, hal ini guna mengurangi dan meminimalisir meningkatnya volume sampah plastik, Stop Penggunaan Bahan Plastik, mari kita wujudkan Kumelembuai Bebas Sampah Plastik, dan hal tersebut bisa kita mulai dari lingkungan terkecil, yakni dari lingkungan keluarga,” tambah Camat yang akrab disapa Kamang tersebut.

Baca juga:  Lakalantas Maut, Wanita Cantik Meninggal Dunia Di TKP

Para pemenang dalam lomba ‘Memungut Sampah Plastik’ tersebut mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh Pemerintah Kecamatan Kumelembuai melalui Panitia HUT RI ke-74. Dan menurut Kamang kegiatan seperti ini nantinya juga akan dilaksanakan setiap tahun untuk lebih memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat terlebih mengenai kepedulian lingkungan.

(Hengly)*