Ketum AMTI; “Dampak Covid-19 Bagi Kebutuhan Dasar Warga Masyarakat”

by -334 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – – Wabah Covid-19 atau virus corona di Indonesia memang sangat terasa, apalagi di sektor perekonomian yang dimana warga masyarakat pula kena imbasnya.

Bagaimana tidak,, para warga masyarakat yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek, buruh harian, pekerja tidak tetap, merasakan akan dampak dari wabah virus corona.

Hal tersebut mendapat perhatian dari Ketua Umum Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia Tommy Turangan SH, dimana ia menjelaskan bahwa dampak dari virus corona tersebut, sangat dirasakan oleh warga masyarakat yang kelas ekonomi ke bawah, karena memenuhi kebutuhan hidup keluarga pendapatan warga semakin menurun.

“Efek atau dampak dari Covid-19 ini sangat dirasakan oleh masyarakat ekonomi kebawah, contohnya tukang ojek yang penghasilannya menurun akibat aktifitas warga yang berkurang, dan ini tentunya berpengaruh pada kelanjutan kehidupan warga atau keluarga,” kata Turangan.

Baca juga:  1.600 e-KTP Diterbitkan Kemendagri untuk WNA yang Telah Tinggal di Indonesia Sejak 2006

Dikatakannya pula bahwa dampak Covid-19 yang melanda Indonesia, menjadi sangat dirasakan oleh warga masyarakat di berbagai tingkatan ekonomi, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pemerintah mengeluarkan edaran agar warga masyarakat tinggal dirumah, sekolah diliburkan, dan berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah guna penanggulangan Covid-19.

Ia pun sangat mengapresiasi akan beberapa pejabat pemerintah, anggota dewan yang mau dan menopang program pemerintah dengan mendonasikan gaji, tunjangan mereka untuk penanganan Covid-19, adapula yang dengan jiwa kemanusiaannya membagikan sembako dan APD kepada warga masyarakat guna menghadapi dampak Covid-19.

“Semua kena dampak dari Covid-19, banyak pekerja yang dirumahkan, tukang ojek, pedagang asongan, pemerintah menyuruh masyarakat tinggal dirumah guna memutus mata rantai penularan Covid-19, dan ini sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, jadi perhatian dari pemerintah akan kebutuhan dasar dari warga masyarakat merupakan hal yang sangat perlu,” tambahnya.

Baca juga:  Kunker ke Jawa Tengah, Jokowi; "kita akan cari solusi mengenai cantrang"

Warga masyarakat saat ini, dituntut harus berperang melawan keganasan penyebaran Covid-19, aktifitas masyarakat tak lagi bebas akibat Social Distancing dan Physichal Distancing, namun dibalik itu warga masyarakat juga dituntut untuk memenuhi hidup keluarga, sehingga selain berperang melawan Covid-19, warga pula berperang bagaimana mengais rejeki untuk kebutuhan keluarga.

“Jadi warga masyarakat Indonesia terdampak dari penyebaran virus corona ini,dari segi perekonomian, yang tidak terdampak adalah mereka pejabat-pejabat pemerintah, jadi Berbagi lah mereka yang berkelebihan dengan warga yang membutuhkan, salam damai Indonesia, semoga wabah Covid-19 segera berlalu dari bumi Indonesia,” tutup Ketum AMTI Tommy Turangan SH.

(T2/red)*