Musrenbangcam Maesaan Hasilkan 71 Usulan

by -137 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Bertempat di Desa Kinamang Satu, pada Senin 8 Februari 2021, Kecamatan Maesaan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam).

Kegiatan Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan dibuka secara langsung oleh Camat Maesaan Meyti Pangau SPd.

Dalam sambutannya Camat Meyti Pangau SPd, mengatakan bahwa Musrenbangcam merupakan program nasional guna menggali usulan dari setiap desa, terkait rencana pembangunan daerah untuk tahun selanjutnya yakni di tahun 2022, maka Musrenbangcam yang dimana didahului oleh Musrenbangdes sangat penting dilaksanakan.

Dikatakannya pula bahwa dari hasil Musrenbang 12 Desa se-Kecamatan Maesaan, menghasilkan 71 usulan dari Kecamatan Maesaan.

Dimana untuk 71 usulan tersebut terkait rencana pembangunan diberbagai sektor bidang, baik Pembangunan Infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia.

“Atas nama pemerintah kabupaten Minahasa Selatan Bupati Ibu DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Pak Franky Donny Wongkar SH, saya secara resmi membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Maesaan, dan semoga apa yang kita sepakati dalam kegiatan Musrenbangcam ini, dapat direalisasikan ditahun 2022 nanti,” ujar Camat Meyti Pangau.

Selanjutnya penyampaian dari anggota DPRD Minsel dari Fraksi Golkar Olfiane Kristien Timbuleng, yang dimana ia mengatakan bahwa apa yang dihasilkan dan menjadi skala prioritas dalam giat Musrenbangcam ini kiranya dapat terealisasi ditahun anggaran 2022 nanti, karena beberapa kali dilaksanakan Musrenbangcam, usulan yang sudah masuk bahkan menjadi skala prioritas Kabupaten, tidak terealisasi dilapangan, dan ini harus menjadi prioritas dalam rencana kerja pembangunan daerah nanti.

Baca juga:  Polsek Ranoyapo Gelar Pengamanan Pengucapan Syukur

“Hal ini saya katakan karena, banyak usulan seperti dalam giat Musrenbangcam sebelumnya, namun tak terealisasi dilapangan padahal sudah masuk dalam skala prioritas, ini harus menjadi perhatian,” ujar OKT.

Sementara itu, Johnly Ombeng Anggota DPRD Minsel dari Fraksi PDIP yang hadir dalam kegiatan Musrenbangcam tersebut, dalam sambutannya menyoroti akan kehadiran SKPD dalam kegiatan Musrenbangcam yang sangat minim, karena hanya ada 5 SKPD yang hadir dalam Musrenbangcam Maesaan.

Ia mengatakan bahwa kehadiran SKPD dalam setiap Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan, kehadiran SKPD sangat penting guna mendengarkan akan usulan dari setiap desa terkait pembangunan disetiap wilayah atau desa.

Dikesempatan itu pula, ia menyoroti berbagai program atau bantuan yang ada di beberapa SKPD yang harus tepat sasaran, serta juga sebagai representasi dari rakyat, ia sebagai legislator Minsel tentunya banyak mendapat aspirasi dari masyarakat, seperti terkait kebutuhan para petani seperti pupuk dan benih, serta bantuan alsintan yang harus tepat sasaran, pelayanan Dukcapil Minsel juga harus lebih ditingkatkan lagi, serta berbagai pelayanan kemasyarakatan dari SKPD yang harus lebih ditingkatkan.

Selanjutnya sambutan dari Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, yang menyampaikan mengenai situasi Kamtibmas di wilayah tugas Polsek Tompasobaru, yang situasi Kamtibmas harus terus dijaga dan lebih ditingkatkan, karena keadaan Kamtibmas disetiap desa menjadi faktor penting dalam pembangunan disetiap wilayah.

Baca juga:  Jelang Pilkada Serentak, Golkar Minsel Terus Bergerak, Bentuk Bappilu Minsel

Dikesempatan itu pula, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun menyampaikan kepada para HukumTua yang hadir, untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat penerapan protokol kesehatan secara ketat, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta juga ditambah dengan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dari Bapelitbang Minsel yang diwakili oleh Kabid Albert Tumbel STP, menyampaikan bahwa semua usulan dari setiap desa harus di input melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) karena hal tersebut merupakan perintah Undang-undang yang harus dilaksanakan.

Dikatakannya pula bahwa, usulan atau program pembangunan ditahun 2022, disesuaikan dengan visi-misi dan program strategis dari Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan terpilih yakni Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang STh.

Selanjutnya usai, dilanjutkan dengan pemaparan dari SKPD yang hadir, diantaranya Kabid TPH Distan Minsel Brian Rantung, Kabid Dikdas Dikpora Minsel Naomi Lampus, Sekdis Sosial Ovler Sengkey, dan Kepala Puskesmas Maesaan dr.Irene Pelengkahu yang mewakili Dinas Kesehatan Minsel.

Giat Musrenbangcam Maesaan yang dipimpin oleh Camat Meyti Pangau SPd tersebut, dihadiri oleh Anggota DPRD Minsel Olfiane Kristien Timbuleng SPd dan Johnly Ombeng SE, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, Perwakilan dari Koramil 1302-18 Tompasobaru, Perwakilan SKPD Minsel, para HukumTua se-Kecamatan Maesaan, Sekdes, BPD, operator desa dan pegawai serta staf kantor camat Maesaan.

(Hengly)*