Masuk Wilayah KEK, Palaes Menuju Desa Wisata Hijau Indonesia

by -160 views

MINUT, transparansiindonesia.co.id – Bertempat di Kantor desa Palaes Kecamatan Likupang Barat, Team Asosiasi desa wisata Indonesia (ASIDEWI) serta pengukuhan Pokdarwis desa Palaes.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Hukum Tua Desa Palaes, ketua Asidewi, ketua BPD Palaes, perangkat desa serta Babinsa.

Sambutan Ketua BPD Bpk Adnan Boyoh SE desa palaes ada banyak tempat yg bisa di jadikan wisata di desa palaes, serta desa palaes tdk kalah dari desa2 lain yg ada di likupang barat, bahkan di Minut… Lanjut lagi, bahwa saat ini desa Palaes dlm program membangun desa Wisata Hijau Indonesia.

Dalam sambutan ketua Asidewi, Ibu Martha Rondonuwu. ST. mengajak masyarakat sadar akan wisata dan selalu terbuka untuk tiap org luar datang berwisata, juga selalu bergotong royong, memiliki daya tarik wisata alam, budaya, kuliner serta fasilitas home stein (penginapan)

Lanjut…desa wisata memiliki lahan parkir, keamanan jalan, jalan penghubung yg bagus dan kondisi jalan yg baik.
Memiliki pengurus desa, lembaga desa dan bisa menguasai bahasa asing, serta juga pemasaran dan promosi dalam wisata.

Baca juga:  Aktivis Minut, Soroti 100 hari kerja JG-KWL, Copot TAB dan Pejabat yang Tak bekerja maksimal

Kata Reinhard (Pakar Asidewi)
Konsep desa wisata indonesia yaitu, kesiapan dari pemerintah desa beserta masyarakat. Kata pak reinhard, desa Palaes memilki semua potensi atau fasilitas untuk menjadi desa wisata hijau di indonesia…ungkap Reinhard

Wisata harus trus berkelanjutan dan team Asidewi siap memberikan pendampingan khusus untuk desa yg siap untuk memajukan wisata yg ada, serta pemerintah desa trus berkordisana dgn dinas yg terkait dalam membangun wisata hijau.

Bersama Team Asidewi, Hukum Tua, Pokdarwis, Perangkat desa, dan babinsa, trun langsung meninjau beberapa tempat wisata yg ada di desa Palaes.

Beberapa tempat yg siap untuk di jadikan wisata di desa Palaes, adalah : Wisata alam Air terjun walangan, wisata bukit para layang, outbond, flayingfox, pasir putih pulau paniki, dan beberapa tempat lain.

Baca juga:  Joune Ganda Perintahkan Badan Keuangan Segera Bayarkan Siltap Prades

lanjut kata Rein, bahwa desa Palaes,siap untuk jadi desa wisata hijau di Indonesia.
Rein berharap pemerintah desa trus bergerak dalam rencana persiapan menuju desa wisata hijau.

Kata Hukum Tua Desa Palaes, Grace J. Morong, S. Pd, M. AP, menegaskan bahwa desa Palaes, akan trus bergerak dlm mewujudkan kawasan wisata hijau di Indonesia dan trus mengikuti arahan pemerintah dlm Protokol Kesehatan, dalam penanganan Covid -19, guna menciptakan desa wisata hijau yg aman dan nyaman.. Tegas Hukum Tua

Hukum Tua pun mengajak seluruh element masyarakat untuk bekerja sama, dalam persiapan menuju desa wisata hijau, dan trus menjaga keamanan bersama, dan berharap pengurus Bumdes serta Pokdarwis, serta kelompok yg lain, bisa bekerja sama dgn pemerintah desa, supaya tujuan untuk menciptakan Desa Palaes, sebagai desa wisata Hijau Indonesia bisa terlalsana dgn baik…Kata Hukum Tua.
(Junly Assa)