Produk Unggulan Desa Mokobang Dipajang Dalam Pameran AOE 2021

by -184 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Kegiatan APKASI Otonomi Expo 2021 (AOE 2021) telah dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo pada Rabu, 20 Oktober 2021 di Istana Negara. dan dihadiri langsung oleh 25 kepala daerah, serta kepala daerah lainnya mengikuti secara virtual.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH bersama 25 Kepala Daerah lainnya menghadiri langsung pembukaan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo tahun 2021, sementara kepala daerah lainnya mengikuti secara virtual.

Ajang AOE 2021 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), merupakan ajang untuk mempromosikan dan memamerkan segala potensi daerah dan juga berbagai produk unggulan yang ada di daerah atau kabupaten masing-masing.

Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara juga hadir dan mengikuti kegiatan tersebut, dengan menampilkan berbagai produk unggulan dan potensi yang ada di kabupaten Minahasa Selatan, yang dipajang di stand pameran Pemkab Minsel.

Dari berbagai produk unggulan yang ditampilkan di stand Pemkab Minsel, terdapat produk unggulan yang berasal dari Desa Mokobang Kecamatan Modoinding.

Produk-produk dari Desa Mokobang yang dibawa langsung oleh HukumTua Wiklif Maindoka diantaranya Miniatur Rumah Panggung, Gazebo, Keripik Wortel dan Kopi Jahe.

Rumah panggung, merupakan produk unggulan dari Desa Mokobang yang sudah sejak lama menjadi andalan desa Mokobang, dan bahkan produksi rumah panggung mampu membuat serte menjaga stabilitas perekonomian masyarakat Desa Mokobang mengalami peningkatan dengan lahirnya para tukang-tukang kayu yang ada di Mokobang dan menjadi tulang punggung pendapatan perekonomian keluarga.

Baca juga:  Tetty Paruntu; "Waspada dan Hati-hati Penipuan, Akun Facebook 'Cristiany Tetty' Bukan Akun Saya'

Seperti apa yang disampaikan oleh HukumTua Desa Mokobang Wiklif Maindoka bahwa produksi rumah panggung dari Desa Mokobang telah juga beberapa kali dikirim ke-luar daerah dan bahkan mancanegara.

Miniatur Rumah Panggung yang dipajang di stand pameran Pemkab Minsel, juga ikut mendapat perhatian dari para pengunjung, dimana rumah panggung merupakan rumah adat dari Suku Minahasa.

Selain Produk Rumah Panggung, Produk andalan lainnya dari Desa Mokobang yang ditampilkan dalam ajang AOE 2021, yakni Keripik Wortel dan Kopi Jahe.

Kedua produk tersebut merupakan hasil olahan dari warga masyarakat Mokobang, dimana diharapkan oleh HukumTua Wiklif Maindoka dengan ditampilkan berbagai produk unggulan tersebut, akan membawa dampak positif bagi warga masyarakat Desa Mokobang.

Karena pula, untuk bahan dasar dari produk Keripik Wortel dan Kopi Jahe, dihasilkan oleh para petani Desa Mokobang yakni Wortel (Akar Kuning) dan Jahe (Goraka).

HukumTua Wiklif Maindoka pun sangat bersyukur dimana beberapa produk unggulan dari Desa Mokobang dipajang dan dipamerkan dalam ajang pameran tingkat nasional, dimana para pengunjung juga ada yang berasal dari luar negeri.

Dimana diharapkannya akan ada investor yang akan melirik produk-produk unggulan desa Mokobang, agar selebihnya bisa dapat dikembangkan, dan juga pemasaran produk unggulan tersebut akan berpihak pada masyarakat desa Mokobang, guna peningkatan roda perekonomian masyarakat, yang tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Baca juga:  Posko Covid-19 Desa Mokobang Dilengkapi Termometer Infra-Red

“Produk unggulan dari Desa Mokobang, yang dipajang dan dipamerkan dalam ajang AOE 2021, diantaranya Miniatur Rumah hasil olahan masyarakat Mokobang, Kopi Jahe, dan Keripik Wortel, dan juga menarik perhatian para pengunjung, terlebih kopi jahe yang bila dikonsumsi akan membawa positif dampak bagi kesehatan tubuh,” kata Wiklif Maindoka.

Ia pun mengajak kepada masyarakat terlebih masyarakat Desa Mokobang untuk terus mengembangkan akan usaha-usaha tersebut, karena selain didukung dengan adanya potensi sumber daya alam untuk menghasilkan bahan baku pembuatan produk tersebut, juga didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang mampu dengan keterampilan masing-masing untuk menciptakan olahan-olahan usaha kecil dan menengah seperti Kopi Jahe, Keripik Wortel dan usaha pembuatan rumah panggung maupun Gazebo.

HukumTua Wiklif Maindoka, pun dalam kesempatan tersebut memaparkan akan potensi desa Mokobang, termasuk didalamnya potensi disektor pariwisata, dimana berada dikawasan Kecamatan Modoinding yang terkenal dengan suhu udaranya yang sejuk, serta pula didukung dengan adanya Danau Mokobang (Mokobang Lake) yang sangat berpotensi menjadikan Desa Mokobang sebagai salah satu destinasi kunjungan wisatawan. (Hengly)*