Forkopimca Dan Puskesmas Tompasobaru Gencar Lakukan Sweeping Kartu Vaksin

by -231 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan dan digencarkan oleh Forkopimca Tompasobaru dan Puskesmas Tompasobaru, dengan berbagai cara dan upaya salah satunya dengan melakukan sweeping kartu vaksin untuk mengajak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap agar segera melakukan vaksinasi.

Maka dalam rangka meningkatkan angka capaian vaksinasi di kecamatan Tompasobaru, maka oleh Forkopimca Tompasobaru bekerja sama dengan Puskesmas Tompasobaru melaksanakan giat operasi yustisi penegakan Protokol Kesehatan dalam bentuk sweeping kartu vaksin yang digelar pada Selasa 14 Juni 2022, diseputaran pusat kecamatan Tompasobaru atau tepatnya di depan kantor Kecamatan Tompasobaru.

Operasi yustisi penegakan Prokes tersebut diikuti oleh Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa bersama jajaran pegawai, Kapolsek Tompasobaru AKP Jeffry Mailensun bersama personil Polsek Tompasobaru, Koramil 1302-18 Tompasobaru serta pihak Puskesmas Tompasobaru yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas Sandra Parengkuan Amd.Keb. SM.

Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa mengatakan bahwa giat operasi sweeping kartu vaksin adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi lengkap, dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19, melalui peningkatan imunitas tubuh herd immunity.

Baca juga:  PPA Liningaan Gelar Kampanye Perlindungan Anak, Kapolsek Tompasobaru Sebagai Narasumber

“Giat ini kita lakukan dan akan terus dilakukan bekerja sama dengan Forkopimca dan lintas sektor terkait, dalam upaya meningkatkan angka capaian vaksinasi di Kecamatan Tompasobaru,” kata Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa.

Dikatakan Camat Jemmy Loa pula bahwa bagi masyarakat yang belum atau tidak melakukan vaksinasi ada sanksinya sesuai dengan apa yang tercantum dalam Peraturan Presiden nomor 14 tahun 2021 tentang vaksinasi.

Sementara itu Kapolsek Tompasobaru AKP Jeffry Mailensun mengatakan bahwa pihaknya pun mendukung kegiatan operasi yustisi dalam bentuk sweeping kartu vaksin untuk mengecek dan mengarahkan warga masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap, agar melakukan vaksinasi di gerai yang telah disediakan, dimana para Nakes dari Puskesmas Tompasobaru melakukan pelayanan vaksinasi.

“Bersama Forkopimca dan lintas sektor kita mendukung dan mensupport akan giat seperti ini, untuk mendisiplinkan masyarakat terlebih mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi lengkap bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap, mari kita sayangi diri, sayangi keluarga dan sayangi sesama, dengan bekerja sama melakukan vaksinasi lengkap agar kuat mampu menangkal virus Covid-19,” ujar Kapolsek AKP Jeffry Mailensun.

Baca juga:  Dilaksanakan 4 Hari, SMP Negeri 1 Tompasobaru Gelar PTS

Pihak Puskesmas Tompasobaru juga terus giat melakukan ajakan dan dorongan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi seperti yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Sandra Parengkuan, yang menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung terus upaya pemerintah dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi, dengan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk bagaimana caranya meningkatkan kesadaran masyarakat agar melakukan vaksinasi.

Terpantau dilokasi kegiatan, puluhan masyarakat berhasil terjaring dalam giat operasi yustisi penegakan prokes dalam bentuk sweeping kartu vaksin tersebut, walaupun masih banyak yang belum memahami dan menyadari tentang pentingnya vaksinasi bagi diri sendiri.
(Hengly)*