Graduation Day SMKN 1 Maesaan, Rengkuan; Implementasikan Ilmu Yang Didapat Ke Tengah Masyarakat

by -197 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Maesaan melaksanakan acara penamatan atau Graduation Day bagi para siswa kelas XII untuk tahun ajaran 2021/2022.

Graduation Day SMK Negeri 1 Maesaan angkatan ke-X (sepuluh), dilaksanakan pada Jumat 17 Juni 2022 bertempat di ruangan pertemuan SMKN 1 Maesaan.

Acara tersebut ditandai dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Frater Damianus Daga Pr. Dan diikuti oleh keluarga besar SMK Negeri 1 Maesaan termasuk didalamnya para orang tua siswa kelas XII yang baru saja dinyatakan lulus.

Pelaksanaan acara penamatan atau Graduation Day SMK Negeri 1 Maesaan digelar sebagai tindak lanjut dari pengumuman kelulusan para siswa kelas XII, yang menandakan para siswa kelas XII telah selesai menempuh pendidikan di lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Maesaan.

Kepala SMK Negeri 1 Maesaan Maria Rengkuan SPd mengatakan bahwa jumlah siswa kelas XII yang dinyatakan lulus menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Maesaan berjumlah 18 siswa dari tiga jurusan.

“Jumlah siswa yang telah dinyatakan lulus menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Maesaan setelah sebelumnya mengikuti ujian ada berjumlah 18 siswa dari tiga jurusan,” kata Kepsek Maria Rengkuan SPd.

Adapun dari jumlah 18 siswa tersebut, terdiri dari 5 siswa dari jurusan Akuntansi, 6 siswa dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, serta 7 siswa dari jurusan Perkantoran.

Baca juga:  Hesky Karundeng; "Malam Puncak PTLMS Digelar di Teguh Bersinar, 14 Agustus 2019"

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 1 Maesaan Maria Rengkuan SPd mengatakan bahwa pendidikan formal sangat penting dalam rangka membentuk karakter dari setiap manusia, maka dari pendidikan formal yang didapat melalui lembaga pendidikan seperti SMK Negeri 1 Maesaan adalah sangat penting.

Sehingga, menempuh pendidikan bukan saja hanya untuk mencari ilmu pengetahuan ataupun mendapatkan gelar, tapi juga lebih bagaimana membentuk karakter dari para siswa yang menempuh pendidikan.

Dengan slogan SMK Bisa, tentunya SMK Negeri 1 Maesaan sangat siap melahirkan manusia-manusia yang berkualitas, berdaya saing dan lebih dari itu mampu melahirkan manusia-manusia yang memiliki ketrampilan.

“Para siswa yang telah dinyatakan lulus di SMK Negeri 1 Maesaan tentunya telah dibekali dengan ketrampilan, yang diharapkan akan mampu diimplementasikan ke tengah-tengah masyarakat, menjadi teladan dan kebanggaan bagi keluarga, masyarakat bahkan bangsa dan negara,” ujar Maria Rengkuan.

Disampaikannya pula, bagi para siswa yang baru saja lulus di SMK Negeri 1 Maesaan, agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yakni perguruan tinggi, dan selalu bawa nama baik almamater SMK Negeri 1 Maesaan dimanapun nantinya para siswa-siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan maupun berkarya sesuai dengan ketrampilan masing-masing.

Baca juga:  Personel Gabungan Polres Minsel, Gelar Pengamanan HUT Lansia GMIM di Aula Waleta

“Banyak selamat kepada para siswa kelas XII yang telah berhasil menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Maesaan, jadilah pribadi yang mampu menjadi teladan dimanapun kalian melanjutkan jenjang pendidikan ataupun berkarya sesuai dengan ketrampilan yang didapat dibangku sekolah,” tambah Kepsek Maria Rengkuan.

Sementara itu salah satu orang tua siswa menyampaikan terimakasih kepada Kepala Sekolah dan jajaran guru SMK Negeri 1 Maesaan yang telah membina, membimbing anak-anak mereka selama kurang lebih 3 tahun, dan mendapatkan pendidikan sehingga saat ini berhasil menyelesaikan studi yang tandai dengan tanda tanda kelulusan yang berlanjut ke acara penamatan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Maesaan.

Kegiatan acara penamatan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Maesaan dihadiri oleh Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt, Pengawas Sekolah Jenny Tumbel SPd, Kepala Sekolah bersama jajaran guru dan pegawai, para siswa dan para orang tua siswa.

Memasuki tahun ajaran baru yakni tahun 2022/2023, SMK Negeri 1 Maesaan juga membuka penerimaan peserta didik baru, jadi kepada para siswa SMP yang ada di wilayah Kecamatan Maesaan yang baru saja lulus ditingkat sekolah menengah pertama atau sederajat, kepsek Maria Rengkuan mengajak untuk bergabung di lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Maesaan.
(Hengly)*