Berbanderol Rp. 400-an Juta, Akses Jalan Menuju Objek Wisata ‘Manamburi Hot Spring’ Desa Lowian Mulai Dikerjakan

Minsel728 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Manfaat anggaran dana desa sejak dikucurkan oleh pemerintah pusat pada 2015 lalu, telah memberi banyak dampak manfaat bagi masyarakat pedesaan.

Berbagai infrastruktur desa berhasil dibangun menggunakan anggaran dana, dimana untuk mendukung roda perekonomian masyarakat yang ada di pedesaan.

Ditahun 2023 ini, anggaran dana desa masih dikucurkan oleh pemerintah kepada setiap desa, yang peruntukannya digunakan salah satunya untuk pembangunan infrastruktur desa.

Salah satu desa yang menerima manfaat anggaran dana desa, adalah desa Lowian, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Sebagaimana yang tertuang dalam APBDes Lowian tahun 2023, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dana desa adalah pembangunan infrastruktur desa, yakni betonisasi jalan.

Betonisasi atau rabat beton jalan desa Lowian yang saat ini sementara dilaksanakan adalah akses jalan menuju ke lokasi objek wisata pemandian air panas.

Pelaksanaan pengerjaan pembangunan betonisasi jalan akses menuju ke objek wisata Manamburi Hot Spring menelan anggaran dana desa sebesar Rp. 499.230.000 sudah termasuk pajak.

Baca juga:  Lansia Ranoyapo Ditemukan Tak Bernyawa Dibawah Pohon Kelapa

Adapun volume pekerjaan Betonisasi jalan yang juga berfungsi sebagai jalan usaha tani tersebut, panjang 1.000 meter atau 1 kilometer.

Dengan dilaksanakan pengerjaan Betonisasi jalan tersebut, tentunya akan memberikan nilai tambah bagi objek wisata Manamburi Hot Spring atau kolam air panas desa Lowian karena akses jalan akan lebih baik dan semakin mudah dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan lebih.

Pelaksanaan pengerjaan peningkatan akses jalan tersebut, dalam rangka mendukung desa Lowian sebagai desa Wisata dengan objek wisata kolam air panas, sehingga nantinya akan berdampak pada perekonomian masyarakat, serta pula sebagai penunjang mobilitas masyarakat Lowian yang mayoritas sebagai petani dan pekebun, ketika melakukan aktivitas pergi dan pulang dari kebun.

Sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Lowian, Deyti Kawengian SPd, bahwa dengan dilaksanakan pengerjaan Betonisasi jalan desa, maka diharapkan akan lebih mempermudah para pengunjung untuk berkunjung ke objek wisata kolam air panas Manamburi Hot Spring Desa Lowian.

Baca juga:  Pemdes Ranoyapo Realisasikan Penyaluran BLT-DD Triwulan Kedua Kepada 23 KPM

Untuk pelaksanaan pengerjaan betonisasi atau Rabat Beton jalan akses menuju lokasi objek wisata kolam air panas tersebut, dilakukan dengan sistem padat karya tunai, dimana melibatkan masyarakat dalam proses pengerjaan.

Oleh masyarakat, tentunya sangat bangga dengan dilaksanakan pengerjaan rabat beton jalan tersebut, karena selain sebagai jalan usaha tani, juga sebagai penunjang objek wisata kolam air panas, sehingga nantinya diharapkan akan tindak lanjuti dengan pengelolaan objek wisata yang profesional.

Selain, dialokasikan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur desa, anggaran dana desa Lowian tahun 2023 juga dialokasikan untuk beberapa kegiatan lainnya, seperti pengelolaan ketahanan pangan desa, penyaluran BLT-DD, kegiatan pelatihan dan bimtek, kegiatan posyandu, serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes.
(Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *