Kota Manado Masuk kategori Kota Cerdas di Indonesia

by -189 views

Manado/transparansiindonesia -Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walkota Maqnado Mor D Bastiaan yang di dampingi Plt Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado, menerima kunjungan dari Tim Penilai Kota Cerdas Indonesia (RKCI), di Ruang Cerdas Command Center (C3), Senin 14/8/2017, kegiatan ini juga di ikuti oleh Kota Manado.

Kota Manado masuk dalam 30  Kota yang terseleksi dari 90 Kota yang ada di Indonesia, se3hingga Tim Penilai dari ITB menyambangi Kota Manado dan mendapat sambutan yang hangat dan positif dari Pemerintah Kota Manado.

“Saya sangat mengapresiasi kepada RKCI yang melakukan pengukuran Kinerja pengelolaan Kota, khususnya kota Manado yang dianggap mampu lolos menjadi 30 besar. Karena dengan adanya RKCI yang mengenalkan ukuran kematangan kota Cerdas, menjadi pedoman kita dalam membangun layanan Kota Manado dan evaluasi berkelanjutan” ujar GSVL begitu Lumentut akrab disapa.

Baca juga:  Wujudkan Manado Kota Bersih, GSVL Tinjau dan Ujicoba Alat Pembakar Sampah

Lanjut Wali Kota menjelaskan gambaran umum program Smart City di Kota Manado kepada tim Penilai, dimana Manado sedang berbenah melakukan pengembangan, inovasi dalam berbagai aplikasi yang terangkum di 9 Smart Solution yaitu Qlue Manado, e-gol l, TauPang, si Tasya, lapor Manado, RICCA, si Gita, Kanal Resmi Pemerintah Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak, ulas GSVL.

Sementara itu, menurut Wawali Manado as a smart city lewat C3 bertujuan untuk menyikapi permasalahan kota karena tujuan membangun Kota cerdas agar warga masyarakat Manado bisa hidup nyaman, bahagia, sejahtera lewat tata kelola Command center dan aplikasi didalamnya.

” Ada 13 PD yang akan menjadi objek kunjungan Tim Penilai, jadi siap-siaplah menerima kunjungan tersebut.” kata WAWAli Mor.  

Wawali juga menambahkan bahwa dirinya berharap agar Kota Manado sebagai smart city dapat menjadi contoh dan acuan kota-kota lain dalam implementasi cerdas Command center.   (dwo/TI)

Baca juga:  Vicky Lumentut Salurkan Bantuan APD untuk RS GMIM