Gubernur DKI Jakarta Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan IRTI Monas

by -175 views

Jakarta/transparansiindonesia.com-Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik beberapa waktu lalu, Anies Baswedan Memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan IRTI, Monas. Senin (30/10/2017).
Dakam sambutannya Anies Baswedan mengatakan bahwa, Di kota ini, 89 tahun lalu terjadi sebuah peristiwa yang sangat luar biasa bagi bangsa Indonesia. Berbagai organisasi pemuda dari latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda bisa bertemu, juga berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat mengikatkan diri dalam komitmen keIndonesiaan.

Ada 700 lebih bahasa daerah di Indonesia dijunjung, tapi bahasa persatuan juga dikuasai dan itulah membuat kita sekarang membentuk komunikasi lintas wilayah tanpa masalah. Kesepakatan Sumpah Pemuda tentang satu bahasa persatuan itu bukan satu bahasa, namun satu bahasa persatuan. Bangsa Indonesia telah menentukan kesepakatan bahasa ini dilakukan 17 tahun sebelum adanya negara berdiri. Kesepakatan antara anak bangsa untuk menemukan tali-tali pengikat persatuan dan tali-tali pengikat yang paling kuat adalah Bahasa.

Baca juga:  AMTI Minta Pemerintah Pusat Evaluasi Terkait Penerima BLT-Dandes

Dalam perjalanan bangsa Indonesia, sering terjadi friksi, konflik dan perbedaan tetapi yang menarik dalam menyelesaikan itu tidak perlu penerjemah. Semua bisa berdialog dengan perasaan sama karena menggunakan bahasa yang sama itu yang seringkali kita tidak sadari hari ini.

Semangat Sumpah Pemuda harus terus kita nyalakan. Kita harus melawan upaya pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Sudah saatnya kita melangkah, mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  (red/TI)