Bayang-bayang Degradasi, AJI Manado Luncurkan Buku Bertemakan Lingkungan

by -167 views

  Manado/transparansiindonesia.com – Potret wajah lingkungan Sulawesi Utara yang berada dalam bayang-bayang degradasi sangat jarang menghiasi lembaran surat kabar atau konten di media massa.

Ini menjadi satu kegelisahan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado selama ini. AJI bergumul sejauh mana kontribusi jurnalis dan media dalam mengangkat isu lingkungan dengan porsi bisa sebanding dengan isu lain seperti politik, hukum dan ekonomi.

Akhirnya, untuk pertama kali setelah 20 tahun berdiri, AJI Manado bekerja sama dengan PT Tirta Investama (Aqua-Danone) bisa menghasilkan buku bertema lingkungan.

Buku berjudul Bayang-bayang Degradasi, kumpulan karya jurnalistik lingkungan jurnalis anggota AJI Manado diluncurkan di Pabrik Aqua Airmadidi, Minut, Rabu (21/2).

Peluncuran buku tersebut disaksikan Asisten II Sekda Minut Allan Mingkid mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, East Region External Communication Manager Danone Indonesia, Rony Rusdiansyah dan Plant Manager Tirta Investama Airmadidi Obrin Sualang.

Baca juga:  Vicky Lumentut Pimpin Rapat Bulanan Komisi P/KB Sinode GMIM

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minut Tieneke Rarung, Stakeholder Relation Manager PT Tirta Investama Airmadidi Imanuel Adoeng, HRD Manager PT Tirta Investama Airmadidi Bonifacius, Ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun, Budhy Nurgianto selaku penyunting buku serta pegawai PT Tirta Investama Airmadidi, pengurus dan anggota AJI Manado.

“Buku ini memang sederhana tapi punya nilai yang sangat berarti bagi AJI Manado. Terima kasih kepada kawan-kawan AJI Manado yang sudah memberikan dukungan untuk penerbitan buku ini. Kepada PT Tirta Investama Aqua Airmadidi yang selama ini menjadi mitra kami dan menyokong penuh penerbitan buku ini. AJI Manado sepaham dengan Aqua untuk terus bergerak melestarikan lingkungan,” ujar Ketua AJI Manado Yoseph Ikanubun.

Baca juga:  GSVL; "Warga Manado Tak Usah Panik dengan Virus Corona"

Sementara itu, Plant Manager Tirta Investama Airmadidi Obrin Sualang menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini dan berharap buku Bayang-Bayang Degradasi bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian tentang lingkungan hidup.

“Data-data di dalam buku bisa diekspose ke publik sehingga mengundang pihak swasta yang lain untuk ikut terlibat menjaga lingkungan,” kata Sualang.

Apresiasi yang sama disampaikan Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid. “Kami ucapkan selamat atas kolaborasi manis dari AJI dan PT Tirta Investama dan kami berharap bisa dilakukan juga oleh perusahaan lain di Minut. Kami melihat anggota AJI Manado sudah melakukan tugasnya sebagai jurnalis yang mengeban tanggungjawab sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.      (denny wowor/TI)*