Sosialisasi Modernisasi Pertanian, Kementan RI Apresiasi Kepemimpinan Tetty Paruntu Dalam Meningkatkan Pertanian di Minahasa Selatan

Minsel28 Dilihat

Minsel/transparansiindonesia.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), mengunjung kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka mensosialisasikan Modernisasi Pertanian, kegiatan yang dipusatkan di perkebunan Kawangkoan Bawah, Amurang Barat, pada Jumat 6 April 2018, dihadiri oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, DR,Ir Prihasto Setyanto, mewakili Menteri Pertanian Prof DR Amran Sulaiman MP.

Dalam kegiatan ini rombongan Kementan RI, yang didampingi langsung oleh Bupati Minahasa Selatan DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE, serta kepala Dinas Pertanian Minsel Ir Frans Tilaar, ada beberapa agenda yang dilaksanakan, seperti Panen padi ladang di perkebunan kayuwolo desa Sapa, sebagai upaya mendukung swasembada beras dan kedaulatan pangan, dan penanaman cabe didalam green house, yang menandai pemanfaatan greenhouse yang dibangun dengan dana APBD 2017.

Setelah itu masih dalam rangkaian pencanangan modernisasi pertanian, dengan mensosialisasikan pemanfaatan alat pertanian, yang merupakan bantuan dari Kementan RI, yang dikelola dalam bentuk Brigade Alsintan Kabupaten Minsel, selanjtnya pemeriksaan kesehatan reproduksi ternak sapi dan inseminisasi buatan dalam rangka upsus sapi indukan wajib bunting (Siwab), serta dilanjutkan dengan pemberian bantuan benih pertanian kepada para petani, melalui kelompok tani yang ada.

Mewakili Menteri Pertanian, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (SOT) Kementan RI, DR Prihasto Setyanto mengatakan bahwa mengapresiasi Kinerja Bupati Tetty Paruntu dalam mengolah dan memajukan pertanian di Minahasa Selatan, dengan terus melakukan loby-loby ke pemerintah pusat, sehingga banyak bantuan yang datang ke Minahasa Selatan, seperti alat-alat pertanian, benih serta dana-dana, untuk kemajuan pertanian di Minahasa Selatan.

Baca juga:  Kendarai Mobil Sendiri, Bupati CEP Sapa Warga di Kawasan Boulevard Amurang

“Saya pun mengagumi kabupaten Minahasa Selatan yang di anugerahi sumber daya alam yang sangat baik, tanah yang subur, yang sangat potensi untuk pengembangan pertanian apa saja, dan itu sudah saya lihat tadi.” kata Prihasto.

Ditambahkannya pula bahwa Minsel sangat beruntung mempunyai Bupati yang cerdas dan Inovatif, yang ada pada diri Christiany Eugenia Paruntu SE, sehingga berbagai bantuan dari Kementerian Pertanian, sudah banyak yang datang ke Minahasa Selatan.

Bupati Minahasa Selatan, DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE, dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat petani Minsel, untuk selalu mendukung program-program pertanian Kabupaten Minahasa Selatan, dalam rangka memajukan kesejahteraan petani dan masyarakat Minahasa Selatan pada umumnya.

“Keberadaan tanah yang subur, di Minahasa Selatan, dengan ditunjang ketersediaan SDM, dan ditambah adanya bantuan dari pemerintah pusat serta semangat petani dalam mengolah dan menanam, saya yakin Minsel nantinya dapat menjadi lumbung pangan di Sulawesi bahkam di Indonesia.” pungkas Tetty.

Bupati Tetty Paruntu pun menyampaikan berbagai program pertanian dari Minahasa Selatan, dalam rangka untuk kesejahteraan masyarakat, dengan mendatangkan alat-alat pertanian yang modern, untuk menekan biaya produksi namun tetap menghasilkam hasil yang banyak dan berkualitas.

Baca juga:  Dihadapan Koordinator Regional dan Koordinator Wilayah, Bendum APKASI Tetty Paruntu Sampaikan Laporan Keuangan APKASI

“Terima kasih kepada Pak Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Bapak Prihasto Setyanto, selaku Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang sudah berkunjung dan melihat segala potensi pertanian yang ada di minahasa Selatan.” kata Tetty Paruntu.

Tetty pun memotivasi para petani di Minahasa Selatan untuk selalu semangat menanam, karena berbagai bamtuan sudah dan sementara di salurkan kepada petani lewat kelompok tani yang ada, karena kita yang menanam, kita juga yang akan menuai.

“Kepada para petani di Minahasa Selatan, marilah kita semangat menanam, karena nantinya kita akan sejahtera di kemudian.” jelas Bupati Minsel, peraih berbagai penghargaan ini.

Kegiatan yang dipusatkan di kompleks PLTU Amurang ini, dihadiri oleh Direktur STO Kementan RI bersama rombongan, Bupati DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE, Kapolres Minsel AKBP Winardi Prabowo SIK, Pabung Minsel Jemmy Lotulong, Forkopimda Minsel, beberapa kepala SKPD, Kepala Dinas Pertanian Ir Frans Tilaar yang didampingi oleh para kabid diantaranya Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Brian Rantung SPt.MSi, Kabid PSP Augus Sumajow, Kabid Peternakan Nora Saroinsong, Kabid Penyuluhan, Verby Rumintjap, dan staf Distan Minsel, serta ribuan petani Minsel yang hadir memadati lokasi kegiatan. (Hengly/TI)*

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *