Manfaatkan Dandes, Pemdes Tompasobaru Dua Tingkatkan Akses Jalan Desa

Minsel499 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Manfaat bantuan anggaran dana desa tentunya telah banyak memberikan dampak bagi pembangunan disetiap desa yang menerima anggaran dana desa.

Sebagaimana salah satu tujuan dari dana desa, yakni meningkatkan pembangunan yang ada di setiap desa melalui peningkatan roda perekonomian masyarakat dengan adanya tersedia infrastruktur desa sebagai penunjang perekonomian masyarakat pedesaan.

Salah satu desa penerima manfaat anggaran dana desa, adalah desa Tompasobaru Dua, Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan yang dipimpin oleh penjabat HukumTua Paula Sondakh S.Pt.

Memanfaatkan anggaran dana desa ditahun 2024 salah satu program kerja yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa yakni pembangunan infrastruktur desa.

Sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua desa Tompasobaru Dua, Paula Sondakh bahwa untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa Tompasobaru Dua adalah pengerjaan peningkatan akses jalan desa yang berlokasi di Jaga IV atau dijalan Inpres.

Peningkatan akses jalan dengan pavinisasi dilokasi tersebut menjadi sangat penting karena ada berbagai manfaat seperti melancarkan akses jalan menuju salah satu fasilitas pendidikan (SD Inpres Tompasobaru), perluasan pemukiman, serta akses jalan alternatif untuk pergi dan pulang dari pasar.

Baca juga:  Padat Karya Tunai Diterapkan Dalam Pengerjaan Dandes 2020 Tahap Pertama Desa Tambelang
Ibadah syukur peletakan batu pertama pengerjaan pavinisasi jalan desa Tompasobaru Dua

Dan sebelum pelaksanaan pengerjaan pavinisasi jalan desa dimulai, diawali dengan ibadah syukur peletakan batu pertama yang dipimpin oleh Pdt. Lendi Sondakh S.Th selaku Gembala Jemaat GPdI ‘Parakletos’ Tompasobaru Dua.

Untuk pengerjaan pavinisasi akses jalan tersebut, menelan anggaran dana desa sebesar Rp. 150.347.000 sudah termasuk pajak.

Dan untuk volume pengerjaan peningkatan akses jalan di jalan inpres tersebut, panjang 122 meter dan lebar 3,5 meter.

“Pelaksanaan pengerjaan pavinisasi jalan desa menggunakan anggaran dana desa Tompasobaru Dua tahun 2024, dengan volume pengerjaan yang akan dilakukan yakni panjang 122 meter, lebar 3,5 meter, dengan anggaran sebesar Rp. 150.347.000 dan itu sudah termasuk pajak,” jelas Penjabat HukumTua Paula Sondakh.

Paula Sondakh mengatakan bahwa dalam sistem pengerjaan akan dilaksanakan oleh ahli memasang paving dan juga ada tenaga dari masyarakat Tompasobaru Dua.

Ia pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mensupport program-program pembangunan desa yang pada tujuannya adalah untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Sementara itu Camat Tompasobaru, Drs. Jemmy Loa dalam sambutannya pada kegiatan ibadah syukur peletakan batu pertama, mengatakan sangat mengapresiasi akan kinerja pemerintah desa Tompasobaru Dua dalam melaksanakan program kerja pembangunan desa.

Baca juga:  Wellcome Back Jemmy Loa, Kembali Jabat Camat Tompasobaru

Dimana terlihat selalu mengutamakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terkait pembangunan infrastruktur seperti peningkatan jalan (Pavinisasi -red) akses jalan di lokasi jalan inpres.

Camat Jemmy Loa juga mengajak masyarakat agar setelah pengerjaan telah selesai dilaksanakan, agar fasilitas dan aset desa seperti akses jalan tersebut agar dapat dirawat dan dipelihara, agar supaya dapat dimanfaatkan dengan waktu yang lama oleh masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ibadah syukur peletakan batu pertama pengerjaan pavinisasi jalan desa tersebut diantaranya, Kapolsek Tompasobaru Iptu Ronald Wauran, perwakilan dari Koramil Tompasobaru, Ketua BPD Tompasobaru Dua Dra. Ellen Pinatik, pendamping desa yang tergabung dalam TPPI Kecamatan Tompasobaru, jajaran perangkat desa dan para tukang yang akan melaksanakan pengerjaan.

Selain dialokasikan untuk membiayai pembangunan infrastruktur desa, kegiatan lainnya yang akan dan sementara dilaksanakan melalui anggaran dana desa berupa pengelolaan ketahanan pangan, penyaluran BLT-DD, kegiatan posyandu dan PKK, serta kegiatan lainnya sesuai dengan APBDes Tompasobaru Dua tahun 2024.
(Hengly)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *